Lakukan 5 Hal Ini Setelah Berolahraga

Written By Unknown on Kamis, 17 Oktober 2013 | 10.19

TEMPO.CO, Jakarta - Berolahraga adalah salah satu cara menjaga kebugaran tubuh. Persiapan sebelum olahraga perlu dilakukan, seperti menyiapkan alat olahraganya, baju yang nyaman dikenakan, hingga melakukan pemanasan.

Setelah berolahraga, tubuh justru perlu "perhatian" lebih, tapi sering kali lupa dilakukan. Dikutip dari situs Health, Selasa, 8 Oktober 2013, tercatat ada lima hal yang sering kali luput dilakukan setelah berolahraga. Berikut ini perinciannya.

1. Meregangkan Otot
Hanya dengan 10 menit meregangkan otot setelah berolahraga, nyeri pada otot dan sendi akan berkurang. Peregangan otot akan membantu mempercepat perbaikan otot dan menjaga otot tetap lentur. Kedua hal itu penting untuk mencegah cedera dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

2. Tidak Isi Tenaga
Setelah lelah berlari, biasanya orang akan malas untuk makan. Padahal, makan setelah 45 menit sampai dua jam berolahraga dapat membantu mengembalikan energi tubuh yang telah terkuras. Tubuh memerlukan energi baru untuk melakukan aktivitas berikutnya.

3. Kurang Minum Air
Setelah berolahraga pastikan tubuh selalu terhidrasi. Wajar jika setelah berolahraga Anda akan merasa sangat haus. Minumlah banyak air setelah olahraga agar tidak pusing, keram anggota tubuh, dan mual.

4. Tidak Ganti Baju
Keringat setelah berolahraga mengandung banyak bakteri yang bisa menempel di baju. Kuman tersebut dapat menimbulkan jerawat tubuh hingga gatal yang menyebabkan infeksi. Sama pentingnya dengan mandi setelah berolahraga, mengganti baju juga bisa membuat tubuh lebih segar dan tidak bau.

5. Tidak Konsisten
Jangan malas untuk kembali berolahraga pada hari berikutnya. Motivasi diri Anda untuk melakukan olahraga lagi agar tubuh tidak "beristirahat" terlalu lama. Buatlah rangkaian jadwal yang teratur untuk berolahraga, tidak perlu setiap hari, asalkan rutin dan berkelanjutan. Tubuh akan terasa lebih sehat jika Anda menerapkan hal tersebut.

RINDU P HESTYA | HEALTH

Berita Populer Terkait:
Gula dan Karbohidrat, Apa Bedanya?
Gula, Penyebab Keriput dan Jerawat
Bagaimana Menangkal Efek Gula pada Kulit?
Zat Kimia Plastik Sebabkan Keguguran
Tak Peduli Fitur, Konsumen Gadget Indonesia Latah


Anda sedang membaca artikel tentang

Lakukan 5 Hal Ini Setelah Berolahraga

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/10/lakukan-5-hal-ini-setelah-berolahraga.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lakukan 5 Hal Ini Setelah Berolahraga

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lakukan 5 Hal Ini Setelah Berolahraga

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger