Sushi Juga Bisa Bikin Gemuk

Written By Unknown on Senin, 11 Maret 2013 | 10.19

Senin, 11 Maret 2013 | 08:33 WIB

TEMPO.CO, London - Selebriti bertubuh indah, sebut misalnya Victoria Beckham, Cheryl Cole, dan Keira Knightley, semua menggemari hidangan ikan mentah ala Jepang, sushi. Dalam dua tahun terakhir, berdasar data statistik Inggris, permintaan terhadap makanan ini naik dua kali lipat. Alasan utama untuk lonjakan itu adalah reputasinya sebagai makanan yang sehat.

Tapi jangan salah. Kandungan kalori sushi ternyata tak kalah dari big burger dan sandwich. Menurut ahli diet Rachel Beller dalam bukunya, Eat To Lose, Eat To Win, ia mengatakan konsumsi berlebih sushi bisa berarti Anda overdosis asupan kalori dan karbohidrat.

"Satu gulung sushi berisi 290-350 kalori dan memiliki setara dengan karbohidrat dua setengah sampai empat potong roti," kata Beller.

Satu porsi sushi, biasanya berisi dua atau tiga gulungan, hingga total menjadi 1.050 kalori. Kadar lebih tinggi ditemukan pada varian sushi seperti California roll, yaitu sushi yang digulung bulat, berisi sepotong kecil ikan, mayones, serta alpukat, bahkan kalorinya lebih banyak lagi, katanya. "Sama dengan dua sandwich diisi dengan olahan kepiting, sepotong alpukat, dan sedikit sayuran."

Ia juga menyatakan, kandungan ikan dalam sushi jauh dari jumlah yang direkomendasikan, yaitu 140 gram per hari.  Dalam sepotong nigiri (nasi dengan ikan di atasnya) beratnya hanya 5g. "Artinya, Anda akan perlu makan 28 buah sushi untuk mencapai porsi 140 g," katanya.

Ia menyatakan,  sashimi - irisan tuna mentah atau salmon - adalah pilihan yang lebih baik jika Anda tertarik untuk meningkatkan protein, lemak omega-3, vitamin, dan mineral namun juga peduli berat badan. Makanan ini juga rendah karbohidrat olahan. Namun ia menyarankan untuk mewaspadai kandungan zat berbahaya semisal merkuri dan bakteri di dalam daging mentah itu.

MAIL ONLINE | TRIP B


Anda sedang membaca artikel tentang

Sushi Juga Bisa Bikin Gemuk

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/03/sushi-juga-bisa-bikin-gemuk.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sushi Juga Bisa Bikin Gemuk

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sushi Juga Bisa Bikin Gemuk

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger