Nikmati Gigi Baru Pengganti dari Sel Gusi

Written By Unknown on Senin, 11 Maret 2013 | 10.19

Senin, 11 Maret 2013 | 04:47 WIB

TEMPO.CO, London - Suatu saat nanti, dokter gigi bisa menggantikan gigi yang hilang dengan gigi baru dari sel gusi. Tim peneliti dari King College London mengambil sel-sel dari jaringan gusi manusia dewasa dan dikombinasi dengan sel tipe lain dari tikus untuk menumbuhkan gigi.

Mereka menggunakan bahan yang tersedia dari sel sebagai aplikasi teknologi yang dekat dan mudah tersedia bagi pasien. Tetapi proses ini mungkin masih membutuhkan waktu bertahun-tahun sebelum dokter gigi aman menggunakannya.

Studi sebelumnya telah difokuskan pada penggunaan sel induk embrio untuk menciptakan "bioteeth". Para peneliti mengatakan bahwa ini bisa dilakukan namun sayangnya masih mahal dan tidak praktis untuk digunakan di klinik.

Namun, dalam studi terbaru ini para peneliti mengambil sel epitel manusia dari gusi pasien, kemudian ditumbuhkan di laboratorium yang dicampur dengan sel mesenkim dari tikus. Sel-sel masenkim ini bertugas menjadi perangsang yang menginstruksikan sel-sel epitel untuk mulai tumbuh menjadi gigi.

Transplantasi kombinasi sel ke tikus, peneliti mampu menumbuhkan gigi hybrid manusia dengan tikus yang memiliki akar gigi yang layak. Detil penemuan ini telah dilaporkan dalam Journal of Dental Research.

Terlihat bahwa bagian kecil dari tipe sel yang tepat ketika ditransplantasikan ke rahang gigi maka akan dapat berkembang menjadi gigi fungsional. Langkah berikutnya adalah mendapatkan sumber sel masenkim manusia untuk menumbuhkan sel epitel itu sehingga cara baru ini akan lebih berguna diterapkan di klinik.

Pemimpin studi, Profesor Paul Sharpe mengatakan bahwa sel-sel masenkim dapat ditemukan di gigi bungsu maupun sumber-sumber lain. Namun kesulitannya bahwa jumlahnya tak mencukupi. "Kami mengidentifikasi populasi sel dengan cara sederhana untuk mendapatkan masenkim," katanya.

Ia mengharapkan bahwa teknologi baru ini bisa mengganti implan gigi saat ini yang tidak dapat memproduksi struktur akar alami. Selain itu, gesekan karena gerakan antara rahang saat makan dapat menyebabkan tulang disekitar implan akan bergeser. Tentu, jika implan model ini terwujud maka biayanya harus terjangkau.

BBC | ISMI WAHID

Berita terpopuler lainnya:
Polda Temukan Kartu Intelijen di Mobil Hercules
Jokowi Ikut Nonton Music Bank Jakarta
Wawancarai Aher, Sejumlah Wartawan Dipukul Petugas
Modus Golden Traders Mirip Perusahaan di Malaysia 
Eunhyuk Ingin Belajar Bahasa Indonesia
Curhat Rustriningsih Kenapa Tak Lolos Cagub


Anda sedang membaca artikel tentang

Nikmati Gigi Baru Pengganti dari Sel Gusi

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/03/nikmati-gigi-baru-pengganti-dari-sel.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nikmati Gigi Baru Pengganti dari Sel Gusi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nikmati Gigi Baru Pengganti dari Sel Gusi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger