Konsumsi Obat Jenis Ini Bahaya bagi Ginjal

Written By Unknown on Minggu, 10 Maret 2013 | 10.19

Sabtu, 09 Maret 2013 | 03:02 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Banyak orang yang biasa mengkonsumsi obat bermerek di pasaran tanpa ada konsultasi dokter. Alih-alih ke dokter ketika terjadi sakit berulang, banyak pasien yang terus mengkonsumsi obat bermerek dan meningkatkan dosisnya. Padahal, konsumsi tanpa pengawasan medis bisa membahayakan kinerja organ tubuh.

"Konsumsi analgetik, obat rematik, dan amfetamin yang berlebihan bisa mengganggu kerja ginjal," ujar Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia Dharmeizar dalam acara konferensi pers peringatan Hari Ginjal Sedunia, Rabu, 6 Maret 2013.

Obat analgesik adalah obat peredam rasa sakit, seperti untuk obat sakit kepala. Adapun obat rematik digunakan untuk meredakan nyeri penyakit rematik. Konsumsi dua jenis obat tersebut secara berkelanjutan, menurut Dharmeizar, harus dengan pengawasan dokter. Sebab, kalau tidak akan menyebabkan penyakit interstitial nephritis. "Menganggu daerah interstisium," kata dia.

Interstitial nephritis adalah gangguan ginjal yang terjadi pada daerah intersisium. Daerah tersebut akan membengkak sehingga mempengaruhi kinerja ginjal. Gangguan ini bisa bersifat sementara atau berkelanjutan jika kondisinya memburuk. Menurut Dharmeizar, obat-obat jenis paracetamol cukup aman bagi ginjal. Asal konsumsinya juga tidak lama, maksimal satu hingga dua hari. "Tapi ya tetap harus periksa ke dokter," ia mengingatkan.

Lalu untuk antibiotik, ada beberapa yang memang termasuk nefrotoksik (meracuni ginjal). Sehingga bagi penderita ginjal atau siapa pun juga, kata Dharmeizar: "Kalau mau konsumsi obat apa pun, sebaiknya konsul ke dokter." Khususnya bagi mereka yang sudah memiliki faktor risiko terhadap gangguan ginjal seperti para manula dan penderita diapates. "Kalau salah konsumsi obat, bisa-bisa komplikasi ginjal akut."

Cara untuk meredakan sakit ginjal adalah mengurangi konsumsi makanan yang jadi pemicu beratnya kerja ginjal, seperti protein. Dharmeizar menjelaskan, untuk yang sudah tua atau penderita ginjal, sebaiknya konsumsi protein maksimal 50 gram protein. Lalu, rajin mengkonsumsi air perasan jeruk nipis. Kandungan sitrat dalam jeruk nipis bagus untuk menghambat pembentukan batu ginjal. Cek info kesehatan lainnya di sini.

DIANING SARI

Baca juga:
Obat Penderita Lupus Sulit Didapat
Satu dari Delapan Orang Amerika Bergigi Sensitif
Sundul Bola Bisa Sebabkan Cedera Otak
Keindahan Diplomasi Batik


Anda sedang membaca artikel tentang

Konsumsi Obat Jenis Ini Bahaya bagi Ginjal

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/03/konsumsi-obat-jenis-ini-bahaya-bagi_10.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Konsumsi Obat Jenis Ini Bahaya bagi Ginjal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Konsumsi Obat Jenis Ini Bahaya bagi Ginjal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger