Cara Mengetahui Jumlah Cairan Tubuh Yang Hilang

Written By Unknown on Sabtu, 18 Januari 2014 | 10.19

TEMPO.CO , Jakarta:- Saat berolahraga, Anda tidak pernah sadar berapa banyak keringat yang keluar. Bila keadaan ini terus dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda dapat mengalami dehidrasi.

Sebenarnya ada 3 cara sederhana guna mengetahui berapa besar jumlah cairan tubuh yang hilang. Menurut pakar kebugaran, diet, dan fitnes dari Dunia Fitnes, Denny Santoso, cairan dapat dihitung melalui penimbangan berat badan sebelum dan sesudah berolahraga.

Pertama, timbang berat badan Anda tanpa menggunakan pakaian sama sekali, catat angkanya. Kedua, mulailah berlatih olahraga selama sejam dengan tetap menggunakan pakaian. Ketiga, timbang kembali berat badan Anda tanpa menggunakan pakaian usai berolahraga dan jangan lupa untuk tetap mencatat angka timbangan Anda.

"Selisih antara berat badan pertama dan berat badan kedua itulah jumlah cairan tubuh yang hilang," kata Denny dalam surat elektroniknya, Jumat 17 Januari 2014. Denny menyamakan, 1 Kg berat badan yang hilang, sama dengan 1 liter air yang hilang dari dalam tubuh.

Meski begitu, untuk mengatasi cairan yang hilang itu, menurut Denny tidak serta merta dapat diganti begitu saja dengan meminum air. "Sebab sel - sel tubuh Anda tidak dapat menyerap air secepat ketika mengeluarkannya," kata Denny.

Berdasarkan beberapa catatan kebugaran, jumlah cairan yang keluar dari tubuh selama berolah raga 1 jam adalah 0,8 - 1,4 liter. Namun bahkan ada pula beberapa orang yang tidak dalam keadaan olahraga biasa bisa mengeluarkan lebih dari batas itu.

Karena itu, menurut Denny, perlu ada cairan lain yang dibutuhkan tubuh untuk mengganti cairan yang telah keluar. Jika setelah berolahraga tubuh langsung di berikan 1 liter air malah dapat menggangu keseimbangan sodium dalam darah.

"Karena itu, yang penting adalah bagaimana pola mengkonsumsi cairan agar tidak mengejutkan sistem tubuh," kata Denny.

CHETA NILAWATY


Anda sedang membaca artikel tentang

Cara Mengetahui Jumlah Cairan Tubuh Yang Hilang

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2014/01/cara-mengetahui-jumlah-cairan-tubuh.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Cara Mengetahui Jumlah Cairan Tubuh Yang Hilang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Cara Mengetahui Jumlah Cairan Tubuh Yang Hilang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger