Produk Antibakteri Bikin Bakteri Kebal?  

Written By Unknown on Rabu, 13 November 2013 | 10.19

TEMPO.CO, Jakarta - Sabun mandi antibakteri, pembersih lantai antibakteri, hingga tisu pun kini dilabel antibakteri. Apakah produk-produk tersebut benar-benar aman dan tidak membuat bakteri jadi resistan?

"Asal sesuai dosis, pemakaiannya berkala, maka tidak ada risikonya," dokter Ahli Penyakit Tropis,Hindra Irawan Satari, dalam acara peluncuran Studi Terbaru Global Hygiene Council di Hotel Ritz Carlton, Selasa, 12 November 2013. Sebab kadar antibakteri dalam produk yang dipakai setiap hari itu memang diproduksi dalam konsentrasi rendah.

Meskipun demikian, Hindra menyarankan pemakaian produk berlabel antibakteri tersebut memang diprioritaskan pada tempat-tempat yang memang sebagai sumber penular penyakit. Agar tujuannya tercapai yaitu mengurangi kuman dan bakteri. "Disinfektan itu mengurangi resiko transmisi infeksi," kata John Oxford, Profesor Virologi dari Bart and The London School of Dentistry dalam kesempatan yang sama.

Sebagai makhluk hidup, menurut Oxford, tak ada manusia yang bisa hidup steril. Bahkan di tangan manusia saja, tumbuh flora dan fauna. Tapi, memang kuman dan penyakit di badan tersebut tidak akan membuat sakit, jika kondisi tubuh juga fit. Secara alami, ia menambahkan, manusia bisa mengendalikan, tapi tak bisa menghilangkannya seratus persen.

Maka, penggunaan antibakteri, diakui Oxford, adalah salah satu cara untuk pencegahan infeksi penyakit menular. Selain dengan imunisasi maupun menjaga sanitasi.

DIANING SARI

Topik terhangat:
Korupsi Hambalang | SBY Vs Jokowi | Suap Akil Mochtar | Adiguna Sutowo

Berita terpopuler lainnya:
5 Anak Pejabat yang Berurusan dengan Aparat
Dituding Peras Mandiri, Ini Jawaban Tempo 
Ini Kejanggalan Tuduhan Jilbab Hitam pada Tempo
Andi Ayyub Sebut Suprapto Berniat Santet KPK


Anda sedang membaca artikel tentang

Produk Antibakteri Bikin Bakteri Kebal?  

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/11/produk-antibakteri-bikin-bakteri-kebal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Produk Antibakteri Bikin Bakteri Kebal?  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Produk Antibakteri Bikin Bakteri Kebal?  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger