Olahraga Selama Hamil Bagus bagi Otak Bayi

Written By Unknown on Senin, 11 November 2013 | 10.19

TEMPO.CO, Montreal - Wanita yang berolahraga pada masa kehamilannya meningkatkan perkembangan otak bayi yang dikandungnya. Hal ini diungkapkan dalam penelitian terbaru tim dokter di University of Montreal, Kanada.

Otak bayi menunjukkan pola yang lebih matang jika ibu mereka mengambil setidaknya tiga sesi 20 menit latihan moderat setiap pekan. Menurut mereka, otak yang matang terkait dengan kinerja mental yang lebih baik pada kemudian hari

Temuan ini adalah yang pertama yang menunjukkan bahwa latihan rutin ibu hamil bisa memiliki dampak pada otak bayi yang dikandungnya. "Kita tahu olahraga baik untuk segala macam hal dalam kehamilan. Selain membuat ibu merasa lebih baik, juga mampu mengontrol berat badan mereka dan memiliki dampak pada berat badan anak mereka. Kami katakan di sini adalah bonus tambahan bahwa olahraga memberikan anak Anda perkembangan otak yang baik pada awal pertumbuhannya," kata Elise Labonte-LeMoyne, salah seorang peneliti.

Wanita hamil yang menjadi bagian dari studi ini berada dalam trimester pertama kehamilan. Mereka secara acak ditunjuk untuk latihan; 10 perempuan pada kelompok latihan bersepeda, berjalan, berlari, atau berenang selama tiga sesi singkat seminggu. Delapan perempuan dalam kelompok kontrol adalah mereka yang tak pernah berolahraga.

Dalam delapan sampai 12 hari setelah bayi lahir, para peneliti mengukur aktivitas otak mereka. Peneliti merekam electroencephalograms (EEG) pada saat mereka memainkan bunyi berbeda selama bayi tertidur. Langkah ini dilakukan untuk merekam pola aktivitas otak mereka untuk menunjukkan seberapa efisien mereka bisa membedakan antara suara lama dan baru. Otak yang lebih berkembang lebih mudah mengenalinya ketimbang otak yang kurang matang.

"Bayi yang lahir dari ibu yang aktif secara fisik memiliki aktivasi otak lebih matang, menunjukkan bahwa otak mereka berkembang lebih cepat," kata Labonte-LeMoyne, yang menggambarkan studinya dalam pertemuan Society for Neuroscience di San Diego, akhir pekan lalu. "Hal ini penting karena kemampuan untuk membedakan suara adalah dasar dari belajar untuk berbicara dan memahami suara di sekitar Anda."

Sebuah studi di Denmark pada 2008 menemukan bahwa berolahraga hampir tidak berpengaruh pada ukuran bayi perempuan, tetapi mengurangi risiko bayi lahir terlalu kecil atau besar. Namun olahraga yang disarankan adalah yang tak terlalu berat dan berisiko bagi kehamilan.

GUARDIAN | TRIP B


Anda sedang membaca artikel tentang

Olahraga Selama Hamil Bagus bagi Otak Bayi

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/11/olahraga-selama-hamil-bagus-bagi-otak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Olahraga Selama Hamil Bagus bagi Otak Bayi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Olahraga Selama Hamil Bagus bagi Otak Bayi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger