Tip Supaya Tidur Nyenyak

Written By Unknown on Minggu, 20 Oktober 2013 | 10.19

TEMPO.CO, Jakarta - Lelah bekerja seharian kemudian tidur dan bangun dalam kondisi segar merupakan impian setiap orang. Apalagi bagi anda yang sedang dalam perjalanan bisnis maupun wisata ke luar kota atau mancanegara.

Perbedaan waktu dan lama perjalanan kadang membuat anda jet lag sehingga sulit terlelap. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan jika terserang jet lag atau agar bisa tidur nyenyak setelah seharian bekerja.

Pertama, jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang malah membuat anda semakin terjaga, semisal kopi. Sebaliknya, carilah panganan yang membuat anda bisa memejamkan mata.

Terlepas dari segala perdebatan, banyak orang yakin kandungan tryptophan yang terkandung dalam susu bisa membuat otot rileks dan mudah tidur. Anjuran minum susu sebelum tidur bahkan sudah dikenalkan oleh orang tua anda sejak dulu dan diteruskan kepada anak-anak anda.

Karbohidrat kompleks juga berperan penting dalam membantu agar tidur nyenyak. Kristin Kirkpatrick RD, konsultan nutrisi asal Inggris, mengatakan karbohidrat kompleks mudah diubah menjadi serotonin sehingga otot lebih rileks.

Ini lah yang memacu masyarakat kerap mengkonsumsi karbohidrat ketika stres. Masalahnya, dia melanjutkan, banyak dari masyarakat yang salah kaprah dengan asal comot kudapan seperti donat.

Gabungan karbohidrat dengan gula justru kombinasi terbaik untuk membuat anda terjaga sepanjang malam. Sehingga anda disarankan untuk menghindari panganan manis seperti kue-kue kering. Sementara gabungan sereal yang mengandung gandum utuh dan susu justru disarankan. Paduan keduanya justru bisa membuat anda tidur nyenyak.

Makanan yang mengandung potasium pun bisa dijadikan pilihan lain agar membantu anda terlelap. Ubi jalar, kentang, pepaya, dan pisang misalnya, akan membuat otot lebih santai. Apa lagi pisang juga mengandung magnesium.

Keri Gans, ahli diet sekaligus penulis "Small Change Diet" menambahkan buah jenis cherry yang bisa membantu anda terlelap. Bahkan sebuah studi menunjukan jus cherry bisa memperbaiki kualitas tidur bagi penderita insomnia kronis.

Jadi tunggu apa lagi, mulailah selektif dalam memilih panganan. Karena apa yang anda makan mempengaruhi kualitas tidur anda.

TRAVELOUNGE | SYAILENDRA

Berita terpopuler:
Begini Cara Melacak Seseorang Via Ponsel
Marah-marah, Jokowi: Saya Ketularan Ahok
Evan Dimas: Saya Siap Miskin untuk Negara
Jokowi Sedekah Rp 1.000


Anda sedang membaca artikel tentang

Tip Supaya Tidur Nyenyak

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/10/tip-supaya-tidur-nyenyak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tip Supaya Tidur Nyenyak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tip Supaya Tidur Nyenyak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger