Ini Gerakan untuk Halau Perut Buncit

Written By Unknown on Senin, 07 Oktober 2013 | 10.19

TEMPO.CO, Jakarta - Perut buncit, menurut Simon Rama Hersa, instruktur sebuah pusat kebugaran ternama di Jakarta, menunjukkan adanya penumpukan lemak yang berpotensi menyebabkan penyakit jantung. Menurut dia, banyak jenis olahraga yang bisa dipilih untuk merampingkan perut. Tapi Simon menyarankan agar Anda melakukan sejumlah latihan fisik sekaligus.

Ditemui di Gandaria City, pekan lalu, Simon menjelaskan selain aerobik, Anda bisa melanjutkan olahraga dengan latihan beban, seperti push up, sit up, bridging, maupun squat. Sementara push up berguna untuk mengencangkan dada dan bahu, squat dan bridging bekerja pada paha dan bokong. "Kalau semua itu dilakukan dengan baik, otot perut akan ikut terbentuk," ujar Simon.

Bridging bisa dilakukan dengan cara menekuk kedua kaki agak rapat, saat Anda dalam posisi telentang. Pada saat yang sama, pinggul diangkat ke atas, sehingga lutut, panggul, dan bahu sejajar 180 derajat. Perlahan-lahan, turunkan tubuh Anda, lalu kembali angkat ke posisi semula.

Gerakan tersebut idealnya diulang 15 kali dalam satu set. Adapun dalam sekali latihan yang bisa berlangsung 3-4 kali sepekan, Anda bisa menjalani 2-5 set. Gerakan bridging tak hanya bertujuan mengencangkan otot perut, tapi juga melatih otot hamstring, paha belakang, bokong, dan tulang belakang bagian bawah.

Melakukan gerakan bridging, disebutkan Simon, harus dengan teknik yang baik. Teknik tersebut mesti diikuti tempo gerakan dan cara pernapasan yang juga tepat. "Temponya jangan terlalu cepat, tapi juga jangan lambat. Mesti pas dan stabil," ujar lelaki bertubuh tegap tersebut.

Sedangkan squat dilakukan dengan cara bergantian jongkok dan bangun. Saat squat, lutut tak boleh melewati ujung kaki. Adapun bokong diturunkan hingga 45 derajat sejajar posisi lutut. Dada tetap membusung, sedangkan kepala dan tulang punggung mesti tegak lurus. Jumlah pengulangan peralihan gerakan jongkok dengan bangun sama dengan bridging.

Latihan yang juga bisa Anda pilih adalah push up dan sit up. Karena kedua gerakan ini tergolong susah, Simon menyarankan agar Anda memodifikasi teknik latihan. Push up untuk perempuan, misalnya, bisa dimodifikasi dengan cara menurunkan lutut ke lantai. Gerakan itu disebut modified dynamic push up. "Enggak masalah tingkat kesulitannya dikurangi. Yang penting tidak menyulitkan dan konsisten dilakukan."

Untuk sit up, Anda bisa memodifikasinya dengan cara mengangkat hanya separuh tubuh bagian atas. Posisi tubuh saat telentang mesti lurus dan kedua kaki ditekuk rapat. Sedangkan kedua tangan di samping tubuh digeser ke depan-belakang, menyesuaikan naik-turunnya badan.

Simon mengatakan penyederhanaan gerakan sit up itu bisa dipilih pemula untuk mengencangkan otot perut bagian atas. "Kalau yang melakukan sit up belum fleksibel, yang akan dipaksa kerja bukan otot perut, melainkan otot belakang punggung. Jadi mending gerakannya dimodifikasi agar tidak salah kaprah," ujarnya.

Adapun otot bagian bawah bisa Anda latih dengan gerakan reverse crunch. Caranya, kedua kaki diangkat dalam kondisi rapat dan tak harus dalam posisi lurus. Sedangkan posisi tubuh Anda telentang, dengan tangan diletakkan di belakang kepala. Angkat lutut perlahan sampai membentuk sudut 90 derajat dari sebelumnya. Kontraksikan otot perut, dan angkat sedikit bagian panggul Anda.

Reverse crunch tergolong ringan karena hanya meminta Anda mengangkat panggul beberapa sentimeter dari lantai. Gerakan itu juga efektif, terutama saat Anda mengangkat pinggul dengan memanfaatkan kontraksi otot perut, bukan mengentakkan kaki. Untuk memaksimalkan latihan, Anda juga disarankan untuk membiasakan diri menarik otot perut saat beraktivitas sehari-hari.

ISMA SAVITRI

Topik Terhangat
Ketua MK Ditangkap
Dinasti Banten
APEC
Info Haji
Pembunuhan Holly Angela

Berita Terpopuler
Selamat Tinggal Era Minimalis
Juara Top Model Asia Datang Lagi ke Indonesia
Toilet Portabel Tidak Bisa Digunakan
Banyak Wanita Ikuti Langkah Angelina Jolie
Ayu Dewi Lebih Nyaman Belanja Online


Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Gerakan untuk Halau Perut Buncit

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/10/ini-gerakan-untuk-halau-perut-buncit.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Gerakan untuk Halau Perut Buncit

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Gerakan untuk Halau Perut Buncit

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger