Perlunya Belajar dari Pengalaman Zaskia Gotik  

Written By Unknown on Minggu, 15 September 2013 | 10.19

TEMPO.CO, Jakarta - Ditipu oleh pasangan dan orang yang dianggap dekat bukan hal yang mustahil saat kini. Contohnya saja kasus yang dialami oleh Zaskia Gotik beberapa waktu lalu. Alih-alih dapat diberi balasan yang setimpal, justru kepercayaan berlandaskan rasa sayang itu akhirnya harus berakhir.

Zaskia Gotik mesti bersyukur, pasalnya segala kebohongan yang telah disusun sang mantan, Vicky Prasetyo, sudah terbongkar. Ia telah diingatkan oleh banyak pihak, meskipun sebelumnya ia sempat menutup mata. Menurut psikolog Kasandra Putranto, hal tersebut muncul karena banyak faktor.

Setidaknya ada empat buah faktor yang melatarbelakangi mengapa seseorang mudah untuk terkena tipuan, apa pun jenisnya. "Tidak tahu karena kurang baca, kurang pengetahuan, mudah percaya, dan kurang berpengalaman," sahut Kasandra saat ditemui di Klinik Aditiya, Jakarta Selatan, Selasa, 9 September 2013.

Kurangnya pengalaman seseorang, entah membaca atau mendengar kisah dari pihak lain, turut mendukung bagaimana seseorang dapat mengolah informasi untuk menjadikan hal tersebut jadi bahan pemahamannya secara pribadi.

"Kalau seseorang enggak punya pengetahuan, dia akan mudah tergiur," sahut Kasandra. Sebagai contoh apabila ada seorang wanita didekati oleh seorang pria yang mengaku-aku bahwa dirinya adalah anak jenderal, bagi seorang yang berpendidikan dan berpengalaman tentu ia tidak akan mudah percaya.

"Pasti akan di cek dong, jenderal dari pleton berapa, namanya siapa, lalu kontak orang yang kira-kira bisa membenarkan atau tidak informasi tersebut."

Untuk kategori mudah percaya, ini pun menjadi hal yang berbahaya. Saat ini kepercayaan memang tidak dapat dengan mudah kita berikan pada siapa saja karena oknum penipuan selalu ada memanfaatkan hal tersebut.

"Mereka yang terlalu percaya pada orang hingga akhirnya terbuai hanya dengan bujuk rayu bahwa ada cinta, bahwa ada masa depan, bahwa ada janji, dan berikutnya," sambungnya lagi.

Menurut pemaparan Kasandra, pada dasarnya semua jenis penipuan memiliki kelihaian yang lebih tinggi untuk dapat memanfaatan korban. Dengan demikian, sudah sangat sewajarnya siapapun mesti meningkatkan kemampuan untuk mau memperluas pengetahuan, menambah informasi, dan menjaga diri untuk tidak terlalu mudah percaya pada orang lain.

AISHA

Berita Terpopuler:

Ghea Panggabean Hadirkan Kolaborasi Seni dan Mode
Cahaya T-ray Bisa Deteksi Kanker Kulit?
Perangkat Mager Deteksi Lansia ketika Terjatuh
Misteri Ulang Tahun Karl Lagerfeld


Anda sedang membaca artikel tentang

Perlunya Belajar dari Pengalaman Zaskia Gotik  

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/09/perlunya-belajar-dari-pengalaman-zaskia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perlunya Belajar dari Pengalaman Zaskia Gotik  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perlunya Belajar dari Pengalaman Zaskia Gotik  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger