Dokter di AS Klaim Sembuhkan Bayi Pembawa HIV  

Written By Unknown on Senin, 04 Maret 2013 | 10.19

Senin, 04 Maret 2013 | 08:22 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Dokter di pusat kesehatan University of Mississippi mengklaim telah membuat sejarah dunia medis. Mereka mengaku telah mendokumentasikan penyembuhan bayi yang lahir sebagai pengidap HIV.

Para dokter percaya, bayi yang kini telah berusia dua tahun setengah itu, tak lagi membutuhkan pengobatan untuk HIV, mempunyai harapan hidup normal dan tak menginfeksi orang lain. "Sekarang setelah hampir satu tahun tak perlu obat, darah anak itu bebas virus, meski dalam tes yang sangat sensitif," kata Dr Hannah Gay, yang merawat anak itu di pusat kesehatan University of Mississippi, kepada Guardian.

Gay mengatakan kasus ini merupakan penyembuhan pertama pada anak yang lahir sebagai pembawa HIV. Pasien dinyatakan sembuh dari HIV ketika tes standar negatif dari virus, tetapi kemungkinan hanya menyisakan sedikit saja dalam tubuhnya. "Kami berharap anak ini memiliki kesempatan besar hidup sehat dalam kurun waktu lama. Kami tentu berharap pendekatan ini dapat mengiring kepada hasil yang sama pada bayi berisiko tinggi lainnya."

Meskipun staf medis dan ilmuwan tak jelas bagaimana penanganan itu berjalan efektif. Kesuksesan itu telah membawa harapan bahwa terapi bisa membantu dokter untuk memberantas virus pada bayi yang baru lahir. Gay tak mengumumkan nama maupun jenis kelamin bayi untuk melindungi identitas pasien, tapi mengatakan bayi itu lahir dan hidup di negara bagian Mississippi. Detail kasus ini akan diumumkan dalam Conference on Retroviruses and Opportunistic Infections di Atlanta.

Umumnya, bayi yang lahir sebagai pembawa HIV di sejumlah negara diobati dengan aneka pengobatan dan strategi pencegahan. Tipikal wanita dengan HIV diberi obat antiretroviral selama kehamilan untuk meminimalkan jumlah virus dalam darahnya. Bayi mereka yang baru lahir pun diberi obat juga, untuk mengurangi risiko infeksi lebih parah. Cara ini dapat menghentikan sekitar 98 persen penularan HIV dari ibu ke bayi.

Di Inggris dan Irlandia, sedikitnya 1.200 anak hidup sebagai pembawa HIV. Masalah di negara-negara Afrika lebih serius. Setidaknya 387.500 anak berusia di bawah 14 tahun menerima terapi antiretroviral pada 2010. Beberapa lahir terinfeksi. Hampir 2 juta anak pada usia dan daerah sama membutuhkan obat.

GUARDIAN | WANTO

Baca juga
Daging Kambing, Permen Cinta, dan Libido
Permen Cinta dalam Pandangan Ilmiah
Pilih Permen Cinta atau Daging Kambing?


Anda sedang membaca artikel tentang

Dokter di AS Klaim Sembuhkan Bayi Pembawa HIV  

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/03/dokter-di-as-klaim-sembuhkan-bayi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dokter di AS Klaim Sembuhkan Bayi Pembawa HIV  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dokter di AS Klaim Sembuhkan Bayi Pembawa HIV  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger