Tip Sehat bagi Pnderita Obesitas

Written By Unknown on Senin, 03 Desember 2012 | 10.19

Minggu, 02 Desember 2012 | 12:32 WIB

TEMPO.CO , Jakarta - Menjaga keseimbangan antara pola makan dan aktivitas merupakan cara sederhana untuk mengatasi obesitas. Yang paling penting adalah kemauan dan niat yang keras. Begitu pun dukungan dan perhatian orang-orang di sekitar mereka. "Jangan biarkan mereka tergoda makan saat sedang diet," ujar Samuel Oentoro, spesialis gizi klinis. Menurut Samuel, para penderita obesitas disarankan berolahraga tiga sampai lima kali dalam sepekan dengan intensitas minimal setengah jam agar lemak dalam tubuh bisa terbakar sempurna. Di luar itu, mereka juga harus mengatur pola makan dengan menerapkan pakem 4J: jumlah, jadwal, jenis, dan jurus memasak.

Jumlah: kurangi seperempat porsi dari kebiasaan makan. Dengan cara itu, setengah sampai satu kilogram berat badan akan turun dalam waktu satu pekan.

Jadwal: Makan secara teratur tiga kali sehari. Para penderita obesitas dilarang mengudap makanan kecil di antara jadwal yang ditentukan.

Jenis: Pilih karbohidrat kompleks yang mengandung serat, seperti nasi merah dan roti gandum. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan agar peningkatan karbohidrat terjadi secara perlahan. Hindari penggunaan karbohidrat simpleks yang terdapat dalam gula pasir, gula jawa, sirup, dan tepung-tepungan. Hindari protein yang terdapat dalam daging merah. Protein yang sehat adalah protein hewani dan nabati, seperti yang ada dalam ikan, ayam (kulitnya jangan dimakan), tahu, tempe, dan putih telur. Lemak yang harus dihindari adalah keju, margarin, kuning telur, santan, cumi, udang, kerang, kepiting, jeroan, otak, hati, daging sapi, dan daging bebek. Lemak yang bagus dapat diperoleh dari berbagai jenis ikan laut dalam, minyak zaitun, dan kedelai.

Jurus memasak: Prinsipnya, semua makanan tidak boleh diolah menggunakan minyak goreng. Jika ingin menumis, gunakan minyak zaitun. Jangan memanaskan langsung di wajan. Tuangkan minyak itu setelah tumisan diangkat dari wajan.

RIKY FERDIANTO | NATALIA SANTI

Terpopuler:
Rokok Dilarang Cantumkan Merek di Australia
Gas Plasma Mampu Membunuh Sel Kanker
Jember Fashion Carnaval Akan Hadirkan 200 Talenta
Perang Pembebasan Sandra di Hutan Bandung
Tangis Bayi Mendeteksi Potensi Autisme Anak
Hindari Flu, Berhenti Menyentuh Hidung dan Mulut
Awas Obesitas
Cara Bugar dengan Latihan Sirkuit
Jalan Kaki ke Sekolah, Tingkatkan Konsentrasi Anak
Mengenal 10 Gangguan pada Kaki


Anda sedang membaca artikel tentang

Tip Sehat bagi Pnderita Obesitas

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2012/12/tip-sehat-bagi-pnderita-obesitas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tip Sehat bagi Pnderita Obesitas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tip Sehat bagi Pnderita Obesitas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger