Pendengaran Terganggu? Bisa Jadi Anda Diabetes

Written By Unknown on Senin, 03 Desember 2012 | 10.19

Senin, 03 Desember 2012 | 07:55 WIB

TEMPO.CO, Tokyo - Benar bahwa diabetes terkait dengan peningkatan risiko penyakit ginjal dan masalah kardiovaskular, kerusakan saraf dan kehilangan penglihatan. Kini, penelitian di Jepang menemukan penderita diabetes dua kali lebih mungkin mengalami gangguan pendengaran dari yang lain.

Dalam tinjauan atas penelitian terdahulu mengenai hal ini, yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, para ilmuwan menemukan bahwa penderita diabetes yang lebih muda memiliki risiko lebih tinggi daripada mereka yang lebih tua. Namun, para ilmuwan tak menjelaskan penyebabnya.

"Meta-analisis saat ini menunjukkan bahwa prevalensi yang lebih tinggi pada gangguan pendengaran di antara pasien diabetes dibandingkan dengan pasien nondiabetes konsisten tanpa memandang usia," tulis pemimpin peneliti, Chika Horikawa, di Fakultas Kedokteran Niigata University.

Ini bukan pertama kalinya peneliti telah menemukan hubungan antara diabetes dan gangguan pendengaran. Pada tahun 2008, peneliti dari US National Institutes of Health (NIH) melihat pola yang sama dalam sampel lebih dari 11.000 orang. Temuan NIH menyebutkan, orang-orang dengan diabetes dua kali lebih mungkin untuk memiliki gangguan pendengaran.

Diperkirakan bahwa kadar gula darah tinggi akibat diabetes dapat menyebabkan gangguan pendengaran terkait pembuluh darah yang rusak dalam telinga, kata Horikawa.

Horikawa dan rekan mengumpulkan informasi dari 13 studi sebelumnya yang meneliti hubungan antara diabetes dan gangguan pendengaran yang diterbitkan antara 1977 sampai 2011. Secara keseluruhan, tim Horikawa menemukan bahwa penderita diabetes adalah 2,15 kali lebih mungkin untuk memiliki gangguan pendengaran. Tapi ketika hasilnya dipecah oleh usia, orang di bawah 60 tahun memiliki 2,61 kali risiko sementara mereka yang berusia di atas 60 tahun memiliki 1,58 kali lebih berisiko.

Beberapa ahli mengingatkan bahwa studi semacam ini tidak membuktikan bahwa diabetes secara langsung bertanggung jawab untuk tingkat kerusakan pendengaran yang lebih besar.

REUTERS | TRIP B


Anda sedang membaca artikel tentang

Pendengaran Terganggu? Bisa Jadi Anda Diabetes

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2012/12/pendengaran-terganggu-bisa-jadi-anda.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pendengaran Terganggu? Bisa Jadi Anda Diabetes

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pendengaran Terganggu? Bisa Jadi Anda Diabetes

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger