Kebutuhan Vaksin Dunia Naik 15 Persen Per Tahun

Written By Unknown on Sabtu, 03 November 2012 | 10.19

Seorang calon jamaah haji mendapatkan suntikan vaksin Meningitis pada pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangsel, Pamulang, Tangsel, Selasa (4/9). ANTARA/Muhammad Iqbal

Sabtu, 03 November 2012 | 07:38 WIB

TEMPO.CODenpasar- Permintaan pasar dunia terhadap kebutuhan vaksin terus mengalami peningkatan yang tiap tahunnya mencapai 15 persen. Namun masih terdapat banyak kendala untuk dapat memenuhinya.

President Developing Countries Vaccine Manufacture Network (DCVMN), Mahendra Suhardono menyatakan, salah satunya adalah ketiadaan teknologi pembuatan vaksin di negara berkembang. "Kami, negara-negara yang tergabung di dalam DCVMN sepakat menjalin kerja sama. Bussines to Bussines sudah disepakati. Alih teknologi juga sedang akan dilakukan. Untuk vaksin yang belum kita produksi karena terkendala teknologi, kami sepakat untuk mencarikan akses teknologinya," paparnya di sela penutupan pertemuan DCVMN ke-13 di Kuta, Bali, Jumat 2 November 2012.

Untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri, Mahendra yang juga menjabat Direktur Produksi Bio Farma, mengaku akan terus meningkatkan produktivitas dengan mengatasi masalah alih teknologi dan minimnya riset tentang vaksin. Untuk itu, Bio Farma telah mengalokasikan dana sebesar Rp 300 miliar per tahun untuk mengembangkan dan membangun pabrik vaksin di Bandung guna meningkatkan pemenuhan permintaan global. "Dana itu murni dari kas internal perusahaan untuk memenuhi permintaan vaksin secara global," imbuhnya.

Meski masih terkendala di dalam negeri, tetapi Mahendra menegaskan Bio Farma berkeinginan ambil bagian dalam pemenuhan vaksin dunia yang selama ini sudah terintegrasi. Setiap tahun Bio Farma memproduksi vaksin sebanyak 1,7 miliar dosis. Sebanyak 60-70 persen vaksin yang diproduksi perseroan milik negara ini diekspor ke-117 negara.

ROFIQI HASAN

Berita Terpopuler:
Angelina Sondakh Akui Pertemuan di Kemenpora
Dahlan Serahkan Daftar ''Pemeras'' BUMN Senin 
Bentrokan Lampung Selatan Dipicu Pelecehan Seksual?
Penyidik KPK yang Mundur Bertambah 3 Orang
Kontras: Intimidasi ke Penyidik KPK yang Mundur 


Anda sedang membaca artikel tentang

Kebutuhan Vaksin Dunia Naik 15 Persen Per Tahun

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2012/11/kebutuhan-vaksin-dunia-naik-15-persen.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kebutuhan Vaksin Dunia Naik 15 Persen Per Tahun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kebutuhan Vaksin Dunia Naik 15 Persen Per Tahun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger