Pendidikan Seks Usia Dini Baik Bagi Semua Anak

Written By Unknown on Minggu, 13 April 2014 | 10.19

Sejumlah anak memasang prakarya pada tembok penampungan sementara milik yayasan Bahtera yang menyediakan pendidikan non-formal untuk mencegah anak-anak menjadi korban eksploitasi seks di Bandung, Jawa Barat (29/8). Yayasan ini bertujuan agar kasus kekerasan seksual tidak terjadi lagi. (AP Photo/Dita Alangkara)

TEMPO.CO , Bandung: "End the taboo and lets talk about it," ini merupakan slogan film Mother: Caring for 7 Billion yang menjadi bahan diskusi International Film Screening 2014, yang digelar di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung. Film ini disutradarai  Christopher Fauchre dan memperolah penghargaan.

Film yang diputar menyambut Hari Bumi 22 April tersebut mengisahkan tentang perempuan dan lingkungan sosialnya. Dalam film itu dikisahkan bagaimana pendidikan sangat berpengaruh bagi perempuan terutama pemahaman tentang seks.
"Pendidikan seks sejak dini baik untuk anak perempuan maupun laki-laki," kata Elisabeth Dewi, dosen FISIP Universitas Katolik dalam diskusi yang diadakan Sabtu, 12 April 2014.

Menurut Elisabeth, pendidikan bagi perempuan sangat penting agar mereka dapat menghargai diri sendiri.  Dia menyadari masyarakat Indonesia masih malu-malu soal pendidikan seks pranikah dan menyebutnya pamali. Ibu dua anak tersebut berpandangan justru anak-anak dan remaja perlu tahu konsekuensi dari hubungan seks agar mereka memiliki tanggung jawab pada dirinya sendiri.

Dia berpesan untuk jangan menakut-nakuti anak karena semakin kita larang, anak semakin penasaran.  "Lebih baik kita berikan pemahaman yang wajar sesuai usianya,"  katanya.  Kurangnya pemahaman tentang seks yang aman dapat mengakibatkan peningkatan kehamilan di luar pernikahan.

Padahal penggunaan kondom dan semacamnya sangat penting untuk menekan angka kehamilan dan penularan HIV AIDS. Menurutnya, anak muda yang aktif secara seksual seharusnya jangan malu untuk membeli dan memakai alat pengaman.

Ami, guru salah satu taman kanak-kanak di Bandung pernah mendapat laporan seorang ibu yang punya anak perempuan berusia lima tahun. "Dia kaget karena balitanya menyebut kelaminnya sebagai vagina," katanya.  

Menurut Ami, anak usia dini perlu tahu fungsi biologis dari organ vitalnya agar terhindar dari tindakan yang tak senonoh.  Lambat laun orangtua pasti mengerti, katanya,  meskipun awalnya agak risih.

FATHIMAH SALMA ZAHIRAH


Anda sedang membaca artikel tentang

Pendidikan Seks Usia Dini Baik Bagi Semua Anak

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2014/04/pendidikan-seks-usia-dini-baik-bagi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pendidikan Seks Usia Dini Baik Bagi Semua Anak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pendidikan Seks Usia Dini Baik Bagi Semua Anak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger