Menu Sehat dalam Empat Pembagian Makanan

Written By Unknown on Sabtu, 12 April 2014 | 10.19

TEMPO.CO, Jakarta - Obesitas saat ini menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Prevalensi obesitas meningkat, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia tahun 2007, prevalensi nasional obesitas untuk dewasa, pada perempuan dan laki-laki masing-masing sebesar 23,8 persen dan 13,9 persen.

Prevalensi tersebut meningkat pada Riskesdas tahun 2010 dan lebih meningkat lagi pada Riskesdas tahun 2013, yakni prevalensi perempuan obesitas dari 26,9 persen meningkat menjadi 32,9 persen, dan pada laki-laki dari 16,3 persen meningkat menjadi 19,7 persen.

Obesitas menjadi penyakit berhubungan erat dengan risiko beberapa penyakit degeratif seperti penyakit jantung koroner, stroke, diabetes melitus tipe 2, hipertensi, dislipidemia (kelainan lemak darah), kanker, dan lainnya. (Baca: Kacang Polong Turunkan Kadar Kolesterol Jahat )

Salah satu cara untuk mengatasi masalah kegemukan dan obesitas ini dengan menerapkan pola makan sehat, yaitu mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan. Menurut Dr dr Inge Permadhi MS SpGK-dokter spesialis gizi klinik, makanan yang dikonsumsi harus mengandung semua zat gizi yag diperlukan tubuh secara seimbang.

"Dengan jumlah porsi sesuai tumpengan gizi (pada Angka Kecukupan Gizi 2013). Kita juga perlu memilih bahan makanan yang aman untuk dikonsumsi dan diolah secara sehat. Selain itu, kita perlu makan sesuai jadwal makan sehari-hari," kata Inge.

Healthy portion diet merupakan cara mudah untuk menentukan perbandingan zat gizi karbohidrat, protein, dan lemak dalam menu makanan kita sehari-hari yang diterjemahkan dengan menggunakan piring yang dibagi menjadi empat bagian.

Inge mengatakan pembagiannya, seperempat piring untuk karbohidrat dari makanan pokok, seperempat piring untuk protein nabati dan hewani atau lemak yang terkandung di dalamnya, "Dan setengah piring untuk bahan makanan sumber serat yaitu sayur dan buah," katanya.

EVIETA FADJAR

Berita Terpopuler

Kacang Polong Turunkan Kadar Kolesterol Jahat 
Keseringan Selfie, Citra tentang Tubuh Bisa Negatif
Remaja Asia Jago Pecahkan Masalah 
Regenerasi Mode Asia dalam Panggung Runway Hits


Anda sedang membaca artikel tentang

Menu Sehat dalam Empat Pembagian Makanan

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2014/04/menu-sehat-dalam-empat-pembagian-makanan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Menu Sehat dalam Empat Pembagian Makanan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Menu Sehat dalam Empat Pembagian Makanan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger