Gadis Kecil Ini Menderita Penyakit Mata Langka

Written By Unknown on Senin, 14 April 2014 | 10.19

TEMPO.CO, Manchester - Molly Bent, seorang gadis berusia enam tahun, didiagnosa menderita retinitis pigmentosa, sebuah penyakit mata yang belum ditemukan obatnya, pada Desember 2013 lalu. "Kami sangat terkejut saat mendengar berita itu karena kami diberitahu hanya anak laki-laki yang mengidap penyakit ini," kata Eve, Ibu Bent seperti dilansir Telegraph, Ahad 13 April 2014.

Eve menuturkan, Molly lahir dengan penglihatan sempurna. Namun belakangan ia mulai mengamati putrinya lambat laun harus berjuang saat menonton televisi maupun mengerjakan pekerjaan rumahnya. Penyakit ini merupakan penyakit keturunan yang jarang terjadi. Penyakit ini membuat retina mengalami kemunduran (degenerasi) yang berkelanjutan hingga menimbulkan gangguan penglihatan. Penyakit ini akan berujung pada kebutaan.

Di keluarganya, kata Eve, ia memiliki saudara laki-laki dan beberapa orang paman dengan kondisi serupa. Ia tak pernah menyangka putrinya juga akan mewarisi penyakit itu. "Kami tidak tahu kapan persisnya Molly akan buta tapi rasanya penglihatannya memburuk setiap kali kami pergi ke Optik," ujarnya.

Molly, Eve menjelaskan, saat ini ia tak bisa melihat dari sisi matanya. Menurut Molly, di dalam penglihatannya orang-orang berdiri dalam jarak yang jauh. Ia juga tak bisa melihat di malam hari dan di keadaan yang minim cahaya. Kondisi ini membuatnya sering terjatuh.

Anak-anak Eve yang lain, Charlotte, 5 tahun, dan Samuel, 2 tahun, telah diajari untuk membantu Molly. Charlotte, kata Eve, sangat membantu kakaknya setiap perjalanan pulang dari sekolah. Charlotte memberi tahu Molly jika ada penghalang di jalan seperti lubang atau tiang lampu.

Lantaran jenis penyakitnya turunan, Eve juga memeriksakan penglihatan Charlotte dan Samuel setiap tiga sampai enam bulan. "Masih ada kemungkinan ketiga anak saya akan buta dan itu menakutkanku."

Eve berujar putrinya bertekad untuk melihat hal sebanyak yang ia bisa sebelum penglihatannya hilang. Gadis itu telah menyusun daftar sepanjang lengannya yang berisi hal dan tempat-tempat yang ingin dilihatnya. Keluarganya juga telah menggalang dana dan berhasil mengumpulkan GBP 13 ribu atau sekitar Rp 248 juta. "Saya tak akan bisa menyanggupi semuanya tapi saya akan berusaha," kata dia.

LINDA HAIRANI | THE TELEGRAPH

Topik terhangat:
Pemilu 2014 | Jokowi | Pesawat Kepresidenan | MH370 | Prabowo

Berita terpopuler:
Ini Pola Baru Penggalangan Dana Teroris 
Green House, Proyek Pribadi Jokowi di Jakarta 
Mengenal Heartbleed Bug yang Mengancam Internet


Anda sedang membaca artikel tentang

Gadis Kecil Ini Menderita Penyakit Mata Langka

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2014/04/gadis-kecil-ini-menderita-penyakit-mata.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gadis Kecil Ini Menderita Penyakit Mata Langka

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gadis Kecil Ini Menderita Penyakit Mata Langka

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger