Stres Pekerjaan Pengaruhi Kesehatan

Written By Unknown on Sabtu, 04 Januari 2014 | 10.19

TEMPO.CO, New York--Banyaknya tekanan pekerjaan dapat menyebabkan sumber penyakit di masa tua, demikian diungkapkan hasil penelitian terbaru di Finlandia. Studi ini menemukan baik tekanan pekerjaan fisik maupun mental ada kaitannya dengan kemungkinan untuk masuk rumah sakit saat berusia lanjut atau setelah pensiun.

Tekanan pekerjaan secara mental bisa muncul dalam bentuk ketatnya deadline, permintaan yang tinggi dan hanya mampu mengontrol sedikit saja pekerjaan yang dilakukan. Sementara tekanan kerja secara fisik adalah berkeringat, kurang bernapas dan ketegangan otot.

"Tekanan kerja berbeda-beda untuk masing-masing individu, karena itu meskipun bekerja di bidang yang sama atau sejenis seseorang bisa melaporkan tekanan pekerjaan yang berbeda-beda," kata ketua peneliti, Mikaela von Bonsdorff seperti dikutip situs Reuters edisi 26 Desember 2013.

"Ketika membicarakan tekanan pekerjaan, penting untuk diingat bahwa perasaan yang muncul mendadak atas tekanan pekerjaan tidak selalu hal yang buruk, tetapi tekanan pekerjaan yang tinggi dan terjadi terus-menerus bisa disebut sebagai bahaya kesehatan."

Beberapa penelitian yang dilakukan baru-baru ini menghubungkan antara tekanan pekerjaan jangka panjang dengan berkurangnya beberapa fungsi saat seseorang berusia lanjut, ungkap Bonsdorff yang merupakan peneliti bidang gerontologia (ilmu tentang usia lanjut) di University of Jyvskyl di Finlandia.

Sementara hasil riset terbaru merupakan hasil studi atas lebih dari lima ribu orang Finlandia berusia pertengahan yang bekerja sebagai pegawai negeri dan sebelumnya disurvei mengenai stress saat bekerja di tahun 1981. Para peneliti mengkombinasikan kedua informasi tersebut dengan data dari rumah sakit nasional yang mencakup 28 tahun berikutnya. Hasilnya, semakin tinggi tekanan pada usia pertengahan, ternyata semakin sering mereka dirawat di rumah sakit, khususnya untuk mereka yang mengalami tekanan fisik.

"Yang menarik adalah bahwa hubungan tersebut sangat jelas bahkan ketika kita melihat perawatan di rumah sakit setelah seseorang berusia 65 tahun, yang menunjukkan bahwa hubungan ini juga kuat saat lanjut usia," kata Bonsdorff.

Hasil riset juga menunjukkan bahwa masa tinggal di rumah sakit untuk pria dan wanita, sama-sama meningkat sesuai dengan meningkatnya tekanan pekerjaan fisik. Namun untuk tekanan mental hanya terlihat jelas pada pria.

REUTERS I ARBA'IYAH SATRIANI

Baca juga:
Penyakit Dari Virus Piala Dunia dan Proses Pemilu
Bila Tak Perlu, Setop Konsumsi Vitamin dan Mineral
Tip Praktis untuk Memulai Resolusi 2014
Tahun 2014, Blus Batik Warna Segar Akan Diminati


Anda sedang membaca artikel tentang

Stres Pekerjaan Pengaruhi Kesehatan

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2014/01/stres-pekerjaan-pengaruhi-kesehatan_4.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Stres Pekerjaan Pengaruhi Kesehatan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Stres Pekerjaan Pengaruhi Kesehatan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger