Kebiasaan Wajib Musim Hujan

Written By Unknown on Selasa, 14 Januari 2014 | 10.19

TEMPO.CO, Jakarta - Musim hujan apalagi yang memiliki curah hujan besar berdampak signifikan terhadap kesehatan masyarakat. Sudah sekayaknya beberapa kebiasaan kecil yang tidak dilakukan di musim panas, disadari atau tidak, harus diterapkan selama musim hujan.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama menghimbau beberapa kebiasaan yang wajib diterapkan, agar masyarakat tetap sehat dan dapat menjalani aktivitasnya secara fit. Sebab, ada beberapa penyakit yang wajib diwaspadai selama musim hujan, apalagi ketika banjir.

"Masyarakat harus menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," ujar Tjandara dalam keterangan persnya yang disampaikan melalui surat elektronik, Senin 13 Januari 2014. Perilaku hidup bersih itu antara lain dengan makan atau minum yang sudah dimasak dan tidak jajan sembarangan.

Tjandra juga menghimbau masyarakat agar istirahat yang cukup, demi menjaga pertahanan tubuh. Tubuh yang cukup istirahat mengalami regenerasi sel yang baik pula. Selain itu, Ia juga menghimbau agar masyarakat tetap mengupayakan kebersihan diri dan lingkungan.

"Jangan buang sampah sembarangan dan senantiasa melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)," katanya. 5 Titik waktu yang paling disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun adalah sebelum makan, sebelum mengolah makan, setelah buang air besar, setelah membersihkan tubuh anak, setelah bersentuhan dengan hewan atau benda - benda di lingkungan yang kotor.

CHETA NILAWATY


Anda sedang membaca artikel tentang

Kebiasaan Wajib Musim Hujan

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2014/01/kebiasaan-wajib-musim-hujan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kebiasaan Wajib Musim Hujan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kebiasaan Wajib Musim Hujan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger