Amankah Yoga untuk Bayi?

Written By Unknown on Senin, 30 Desember 2013 | 10.19

TEMPO.CO, Jakarta - Tubuh bayi sangat elastis. Mereka bisa melengkungkan tubuh dengan sangat sempurna. Apakah bayi maupun balita dapat juga melakukan yoga?

Yoga untuk balita diklaim bisa membantu perkembangan keterampilan motorik. "Selain itu yoga dapat membantu orang tua menjadi selaras dengan bayi," kata Helen Garabedian, pendiri Itsy Bitsy Yoga, sebuah studio yoga untuk bayi dan anak- anak.

Satu contoh pose yoga untuk balita menurut Garabedian disebut corkscrew. Pose yang dapat membantu pencernaan ini menempatkan bayi di punggung si orangtua dan perlahan-lahan memutar pahanya dengan jari telunjuk.

Namun, apakah yoga baik untuk kesehatan bayi? "Gerakan yang dipandu oleh orangtua dapat merangsang otot dan perkembangan saraf," kata Dr Eric Small, asisten profesor klinis pediatri di Mt. Sinai School of Medicine di New York City. Menurutnya, itu tidak hanya yoga tetapi gerakan apapun.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa banyak manfaat dari pijat yoga untuk anak-anak. Menurut Tiffany Field, penelitian profesor pediatri di University of Miami School of Medicine, yoga dapat merangsang reseptor tekanan pada kulit sehingga memperlambat produksi hormon stress. Meski demikian, penelitian lanjutan perlu untuk mengkonfirmasi hal ini.

Yoga, seperti gerakan apapun, dapat merangsang perkembangan otot dan saraf bayi. Namun tindakan pencegahan harus diambil untuk menghindari cedera.

Bayi tidak memiliki kontrol yang memadai dari bagian kepala mereka sampai sekitar usia 6 bulan. Karena itu, orangtua harus memastikan kepala bayi mereka aman selama yoga berlangsung. Menurut Small, peregangan berlebihan memiliki resiko besar untuk anak-anak. Otot dan cedera sendi bisa terjadi jika aktivitas tersebut dilakukan terlalu ketat. Anggota badan bayi tidak boleh ditempatkan dalam ekstensi ekstrim. Selain itu, kegiatan hanya boleh dilakukan selama 15 hingga 20 menit saja.

LIVE SCIENCE | ISMI WAHID

Berita Lain:
Hazard Puas Bawa Chelsea ke Posisi Tiga Besar
Setya Novanto Tak Gubris Panggilan KPK
Sebelum di Bui, Atut Gerilya ke Petinggi Golkar
Sebelum di Bui, Atut Datangi Kantor Golkar Slipi

 


Anda sedang membaca artikel tentang

Amankah Yoga untuk Bayi?

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/12/amankah-yoga-untuk-bayi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Amankah Yoga untuk Bayi?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Amankah Yoga untuk Bayi?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger