Terbukti, Olahraga Lebih Baik daripada Obat

Written By Unknown on Minggu, 06 Oktober 2013 | 10.19

TEMPO.CO, Boston - Selain menyehatkan tubuh, ternyata manfaat olahraga lebih baik daripada mengkonsumsi obat, terutama bagi penderita jantung dan diabetes. Pernyataan tersebut ditemukan setelah para peneliti dari London School of Economics, Harvard Medical School dan Stanford University School of Medicine melakukan percobaan.

Mereka membandingkan efek terapi fisik, seperti olahraga ringan, dengan konsumsi obat pada empat penyakit yang berbeda, yaitu, penyakit jantung, pemulihan stroke, pengobatan gagal jantung, dan pencegahan diabetes. Para ilmuwan itu mendapatkan 305 hasil percobaan yang melibatkan 339.274 orang yang sedang melakukan program latihan terapi fisik dan obat sebagai langkah penyembuhan.

Penelitian itu menemukan, terapi fisik berpengaruh cukup besar bagi penderita stroke dan penyakit jantung. Terapi fisik juga dirasa lebih bermanfaat bagi penderita diabates. Mereka mengaku bahwa terapi fisik menurunkan kadar gula lebih banyak dari pada mengkonsumsi obat.

Akan tetapi, tak semua peserta cocok dengan terapi fisik ini. Satu-satunya kelompok yang tidak mendapat keuntungan dari terapi obat adalah pasien gagal jantung. Diperkirakan karena aktivitas fisik memang tak dianjurkan untuk mereka. 

Untuk menjaga kesehatan secara optimal, para ahli merekomendasikan berolahraga sekitar 2,5 jam seminggu. Bagi yang masih sehat,  aktivitas fisik juga sangat bermanfaat karena otot jantung dan penampilan fisik bisa lebih terjaga.

RINDU P HESTYA | TIME

Berita Populer Terkait:
Pemilik Suara Siri Buka Suara  
KakaoTalk Sediakan Telepon Gratis untuk BlackBerry  
Operator Terbesar Kanada Ogah Jual BlackBerry Z30  
Twitter Alami Kendala Pertumbuhan Jumlah Pengguna
Anak Badak Liar Lahir di Way Kambas  


Anda sedang membaca artikel tentang

Terbukti, Olahraga Lebih Baik daripada Obat

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/10/terbukti-olahraga-lebih-baik-daripada.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Terbukti, Olahraga Lebih Baik daripada Obat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Terbukti, Olahraga Lebih Baik daripada Obat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger