Senin, Hari Paling Tepat Berhenti Merokok

Written By Unknown on Kamis, 31 Oktober 2013 | 10.19

TEMPO.CO, San Diego--Perokok lebih cenderung berhenti merokok pada hari Senin, demikian diungkapkan sebuah penelitian terbaru. Temuan ini bisa membantu mendorong efektivitas kampanye anti-rokok yang dilakukan berbagai kalangan.

Untuk penelitian ini, para periset memonitor pencarian online mengenai berhenti merokok yang dilakukan dalam bahasa Inggris, Prancis, Cina, Portugis, Rusia dan Spanyol antara tahun 2008 hingga 2012. Hasilnya menunjukkan bahwa orang mencari informasi mengenai berhenti merokok lebih sering pada awal minggu dengan angka pencarian tertinggi terjadi pada Senin. Jumlah pencarian pada setiap Senin mencapai 25 persen lebih tinggi dibandingkan rata-rata hari pencarian pada Selasa hingga Minggu.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan online di jurnal JAMA Internal Medicine edisi 28 Oktober 2013, pola pencarian ini konsisten di enam bahasa tersebut. Dalam bahasa Inggris, pencarian informasi mengenai berhenti merokok ternyata 11 persen lebih tinggi dibandingkan hari Rabu, lebih tinggi 67 persen dibandingkan hari Jumat dan 145 persen lebih tinggi dibandingkan hari Sabtu. Menurut ketua penulis hasil riset, John Ayers, dari San Diego State Universty, temuan tersebut bisa membantu mengubah cara praktisi kesehatan dan perancang program anti-rokok, dalam melakukan pendekatan.

"Keyakinan umum menunjukkan bahwa keputusan untuk berhenti merokok tidak bisa diprediksikan bahkan cenderung kacau," ujar Ayers dalam siaran pers yang dikutip oleh situs Health Day edisi 28 Oktober 2013. Namun, ia menambahkan, hasil riset menunjukkan hal yang menarik, bahwa ternyata berhenti merokok merupakan bagian dari pola perilaku kolektif yang bergantung pada hari-hari tertentu selama sepekan.

Peneliti lain, Joanna Cohen, direktur Johns Hopkins Institute for Global Tobacco Control, mengatakan bahwa "kampanye untuk mereka yang berhenti merokok kemungkinan bisa mendapatkan keuntungan dengan memperhatikan hari pelaksanaan." Ia menambahkan, "Kita tahu bahwa perokok melakukan banyak usaha sebelum akhirnya berhasil berhenti merokok. Karena itu sarankan mereka untuk mencoba lagi setiap hari Senin yang kemungkinan efektif dan kampanye yang mudah dilakukan."

Meski demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk meneliti mengenai alasan atas temuan-temuan tersebut dan ca untuk meningkatkan jumlah orang yang berhenti merokok, ungkap Ayers. Namun pesan segera untuk para perokok, lanjut dia, adalah, "Jika Anda perokok, ingatlah bahwa berhentilah di hari Senin. Orang lain pun melakukan hal yang sama."

HEALTH DAY I ARBA'IYAH SATRIANI

Berita terkait:
13 Tips Berhenti Merokok
Berhenti Merokok Sebelum Usia 40, Panjang Umur!
Risiko Kematian Perokok Perempuan Meningkat
Takut Istri, Obama Berhenti Merokok


Anda sedang membaca artikel tentang

Senin, Hari Paling Tepat Berhenti Merokok

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/10/senin-hari-paling-tepat-berhenti-merokok.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Senin, Hari Paling Tepat Berhenti Merokok

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Senin, Hari Paling Tepat Berhenti Merokok

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger