Sedulurnesia, dari Fotografi hingga Sosial

Written By Unknown on Minggu, 13 Oktober 2013 | 10.19

TEMPO.CO, Jakarta--Komunitas yang mengkhususkan diri pada fotografi mungkin sudah banyak. Tapi komunitas fotografi yang juga menitikberatkan pada kegiatan sosial, mungkin baru dilakukan Sedulurnesia.

"Awalnya komunitas ini hobi fotografi dan instagram, tapi sekarang juga kami bergerak ke sosial," kata Andre, pengurus Sedulurnesia, pada Tempo, Sabtu, 12 Oktober 2013, di fx Sudirman, Jakarta.

Umur Sedulurnesia terbilang baru. Komunitas ini dibentuk tujuh bulan lalu. Anggota mereka kini 35 orang yang tersebar di Jakarta, Malang, Yogyakarta, dan Surabaya. Mereka berkomunikasi via chat di 'Line'. Tapi anggota yang tinggal di Jakarta kerap berkumpul di salah satu kafe di Sarinah, Jakarta Pusat.

Andre mengatakan, aktivitas yg dijalani Sedulurnesia, misalnya berbagi ke anak yatim. Pada Ramadan lalu, contohnya, mereka mengadakan acara berbuka bersama anak yatim disertai pemberian santunan. "Idul Adha Selasa besok kami akan menyembelih dua ekor kambing," kata Andre.

Menurut pria 28 tahun ini, kegiatan sosial yang dilakukan Sedulurnesia dilatarbelakangi panggilan nurani setiap anggotanya. "Di Jakarta saja banyak orang susah, enggak semua orang hidup enak," kata dia. Selain itu, jika hanya berkutat di fotografi, menurut Andre, sudah sangat banyak komunitas yang melakukan semacam itu.

Biaya untuk melakukan kegiatan sosial diakui Andre berasal dari kantong para anggotanya. Kebanyakan anggota memang para pekerja. Tapi tak tertutup kemungkinan mereka juga menerima sumbangan donatur.

Andre mengatakan siapapun bisa bergabung menjadi anggota Sedulurnesia. Meski masih melakukan hobi fotografi, orang yang tidak bisa atau tidak punya kamera pun bisa bergabung. "Sebab, kami bukan cuma di fotografi, tapi sosial juga," kata dia. Andre menambahkan Sedulurnesia punya akun twitter di @sedulurnesia dan akun instagram @sedulurnesia.

Sedulurnesia adalah salah satu komunitas yang ikut dalam acara Social Media Festival 2013 di fx Sudirman. Acara ini diikuti beragam komunitas dan penggiat media sosial.

AMIRULLAH

Terhangat:
Ketua MK Ditangkap | Dinasti Banten | Dolly Riwayatmu


Baca juga:

Malioboro Ditutup, Warga Yogya Berpesta
Pindang Tetel, Rawon Khas Pekalongan
Menikmati Kuliner Serba Madu di Panti Kartini
Ada Festival Tengkleng di Solo


Anda sedang membaca artikel tentang

Sedulurnesia, dari Fotografi hingga Sosial

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/10/sedulurnesia-dari-fotografi-hingga.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sedulurnesia, dari Fotografi hingga Sosial

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sedulurnesia, dari Fotografi hingga Sosial

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger