Makanan Korea Menyusul Sukses K-Pop dan K-Drama  

Written By Unknown on Rabu, 30 Oktober 2013 | 10.19

TEMPO.CO, Jakarta - Musik K-pop dan drama Korea, K-Drama, sudah mewabah di Tanah Air. Kini, Negeri Ginseng mulai memperkenalkan K-food atau makanan Korea.

Selama ini hanya ada beberapa restoran Korea yang disukai masyarakat Indonesia. Seperti, Han Gang dan Tobak. Dengan dibukanya supermarket asal Korea Selatan, ketersediaan menu makanan olahan dan bahan pendukung memberikan kesempatan bagi penyuka kuliner untuk mencoba menu dan resep makanan Korea. Kebetulan cita rasa masakan Korea yang menyukai rasa pedas, asam dan asin serupa dengan menu makanan Indonesia.(Baca : Makanan Korea Siap Serbu Pasar Indonesia | bisnis |

Menurut Lee Mira, konselor kehutanan, pertanian, perikanan dan perubahan iklim Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia, K-food cepat masuk ke Indonesia karena ada kemiripan selera makanan orang Korea dan Indonesia.

"Kami menyukai masakan cita rasa pedas, asin dan asam, sama seperti masakan Indonesia. Ini salah satu alasan mengapa K-food mudah diterima masyarakat Indonesia," kata Lee Mira di sela "K-Food Festival 2013" digelar di Lotte Shopping Avenue Jakarta, belum lama ini. K-Food Festival sudah terselenggara ketiga kalinya di Jakarta.

Menu K-food yang ditampilkan dalam pameran produk olahan dan lomba memasak itu diantaranya, nasi gulung dengan gim (gimbab), bakwan daun bawang seafood (haemul pajeon) dan mie gandum pedas (bibim guksu).

"Peserta lomba orang Indonesia. Tujuannya memperkenalkan makanan pinggir jalan Korea yang mudah dibuat tetapi rasanya enak, pas dengan lidah Indonesia," ujar Lee Mira.

Perhelatan ini digelar setiap tahun untuk membina hubungan diplomatik Indonesia-Korea yang terjalin selama 40 tahun. "Misi dan visi kegiatan kami, membangun kolaborasi antar dua negara," kata dia.

Produk makanan asal Korea yang masuk Indonesia, menurut Lee Mira, sudah melalui tahapan pengawasan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Pihaknya sudah membentuk divisi khusus untuk produk halal makanan olahan dari Korea. Ini menjadi perhatian utama karena Indonesia sebagai negara mayoritas muslim.

EVIETA FADJAR

Berita Terpopuler

Apa Jadinya Menu Makanan Didasari Pilihan Teman 
Satu dari Lima Orang Pernah Tertidur Waktu Mengemudi
Penderita Lupus Berisiko Lahirkan Anak Autis 
Jangan Anggap Sepele Vaksin Flu


Anda sedang membaca artikel tentang

Makanan Korea Menyusul Sukses K-Pop dan K-Drama  

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/10/makanan-korea-menyusul-sukses-k-pop-dan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Makanan Korea Menyusul Sukses K-Pop dan K-Drama  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Makanan Korea Menyusul Sukses K-Pop dan K-Drama  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger