Banyak Sarapan Tingkatkan Kesuburan  

Written By Unknown on Kamis, 03 Oktober 2013 | 10.19

TEMPO.CO, London - Mengkonsumsi sarapan dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan porsi makan malam ternyata bisa meningkatkan kesuburan para wanita yang mengalami masalah dengan menstruasi.

Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan waktu makan, bukan sekadar asupan kalori, bisa mempengaruhi berat badan tetapi temuan-temuan itu menunjukkan juga dampak resistensi insulin dan level hormon.

Akibatnya, kata para peneliti seperti dikutip situs Telegraph pada 2 Oktober 2013, hal tersebut bisa meningkatkan kesuburan perempuan yang mengalami Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), problem menstruasi yang dialami oleh 6-10 persen wanita di usia subur, sehingga bisa mempunyai anak.

Dikatakan bahwa PCOS menyebabkan seseorang resisten terhadap insulin sehingga terjadi peningkatan hormon seks pria yang dikenal dengan androgen sekaligus mengurangi kemampuan mereka untuk hamil.

Para peneliti dari Hebrew University of Jerusalem dan Tel Aviv University meneliti 60 pasien dengan PCOS yang berusia antara 25 dan 39 tahun selama 12 minggu. Masing-masing pasien diminta untuk mengkonsumsi sekitar 1.800 kalori per hari, sedikit di bawah konsumsi harian yang direkomendaskani untuk para wanita. Mereka diminta untuk mengkonsumsi sebagian jumlah tersebut di waktu sarapan dan sebagian lainnya saat makan malam.

Temuan yang dipublikasikan di jurnal Clinical Science ini menunjukkan bahwa mereka yang mempunyai level ovulasi lebih tinggi dalam grup yang mengkonsumsi makanan lebih banyak, umumnya mengkonsumsi 980 kalori di pagi hari.

Mereka yang masuk ke dalam kelompok sarapan banyak ini ternyata mengalami penurunan resistensi insulin sekitar 8 persen dengan level testosteron androgen turun hingga 50 persen. Sebaliknya, tidak ada perubahan pada mereka yang mengkonsumsi makan malam lebih banyak.

"Penelitian ini dengan jelas menunjukkan bahwa jumlah kalori yang kita konsumsi setiap hari sangat penting, tetapi waktu mengkonsumsinya juga lebih penting," ujar Profesor Oren Froy yang memimpin penelitian.

TELEGRAPH |ARBA'IYAH SATRIANI


Anda sedang membaca artikel tentang

Banyak Sarapan Tingkatkan Kesuburan  

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/10/banyak-sarapan-tingkatkan-kesuburan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Banyak Sarapan Tingkatkan Kesuburan  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Banyak Sarapan Tingkatkan Kesuburan  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger