Kafein Bikin Remaja Jadi Bodoh?  

Written By Unknown on Kamis, 26 September 2013 | 10.19

TEMPO.COZurich – Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa minuman bersoda yang sarat kafein bisa menghalangi otak anak-anak dan remaja untuk berkembang dengan baik sehingga membuat si remaja menjadi bodoh. Peneliti dari Universitas Rumah Sakit Anak di Zurich percaya kafein akan mencegah remaja untuk tidur nyenyak yang akhirnya akan mempengaruhi perkembangan otak selama remaja.

Dikutip dari laman Daily Mail, Rabu, 25 September 2013, saat kafein bisa mengganggu perkembangan otak, maka akan terjadi masalah yang bisa menyebabkan skizofrenia, kecemasan, penggunaan narkoba, dan gangguan kepribadian.

Peneliti menggunakan tikus dalam percobaan ini. Tikus diberi kafein yang berasal dari minuman bersoda dan minuman berenergi. Hasilnya, tikus usia muda yang diberi minuman berkafein memiliki gangguan tidur yang mempengaruhi fungsi otak mereka.

Walau penelitian dilakukan pada tikus, peneliti justru yakin risiko kafein justru akan semakin meningkat pada manusia usia remaja. Menurut mereka, ada kesamaan perkembangan otak antara tikus dan manusia.

Profesor Reto Huber, salah satu tim penelitan, menjelaskan konsumsi 300-400 miligram kafein per hari bisa memberikan perkembangan yang berbeda di otak remaja. Sajian ini setara dengan empat kaleng minuman energi atau tiga-empat cangkir kopi. Minuman energi populer Red Bull, misalnya, bisa mengandung sekitar 80 mg kafein.

Seorang juru bicara para peneliti mengatakan, "Dalam 30 tahun terakhir, konsumsi kafein rata-rata pada remaja meningkat hingga 70 persen."

Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal PloS ONE ini diharapkan bisa membantu remaja bersikap lebih bijaksana dalam memilih asupan yang akan mereka konsumsi. Pasalnya, usia remaja merupakan usia yang rentan dan dalam fase perkembangan.

DAILY MAIL | ANINGTIAS JATMIKA

Terhangat:
Guyuran Harta Labora | Mobil Murah | Tabrakan Maut

Berita Lainnya:
Ahok Tuding Ada Provokator Demo Lurah Susan
Gelaran APEC, Garuda Tutup 139 Penerbangan
Jadi Rebutan Klub, Kiper Ravi Pilih Timnas U-19
7 Penantang BBM di Berbagai Platform


Anda sedang membaca artikel tentang

Kafein Bikin Remaja Jadi Bodoh?  

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/09/kafein-bikin-remaja-jadi-bodoh.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kafein Bikin Remaja Jadi Bodoh?  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kafein Bikin Remaja Jadi Bodoh?  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger