Wanita Ini Jadikan Darah Haid Sebuah Karya Seni

Written By Unknown on Selasa, 25 Juni 2013 | 10.19

TEMPO.CO, Quillota – Seorang wanita asal Chili menggelar sebuah pameran seninya. Ini bukan pameran seni lukis, patung, atau kerajinan tangan lainnya, melainkan ini adalah sebuah pameran seni potongan-potongan kain. Yang membuat unik, potongan kain ini bernodakan darah menstruasinya yang telah dikumpulkan selama 5 tahun.

"Sebanyak 90 potongan kain bernoda merah menggantung bagai apel di bagian kerajinan bordir," tulis Daily Mail, Senin, 24 Juni 2013. Carina Ubeda, pemilik noda-noda darah haid ini, menjahitkan kata 'Production', 'Discard', dan 'Destroyed' dalam bahasa Chili di bawah bercak merah di kain-kain ini.

"Saya tidak bisa menggunakan pembalut saat haid, sebab itu menyebabkan kulit saya alergi," cerita Ubeda, yang baru saja lulus dari Universitas Playa Ancha dengan gelar Bachelor of Arts. Karena tidak bisa menggunakan pembalut atau tampon, ia pun mengenakan kain. Kain-kain berbentuk abstrak buatannya ini dipamerkan di Pusat Kebudayaan dan Kesehatan di Quillota, Chili.

Baginya, ini adalah karya visual yang sangat super. Ia memang ingin mencampur seni dengan sesuatu yang sangat pribadi.

Fritz Demuth, manajer Pusat Kebudayaan dan Kesehatan, mengatakan bahwa sejak debut pameran pada hari Jumat, banyak penonton telah mencoba untuk mencium potongan-potongan kain Ubeda. Kain ini tidak berbau dan tidak kotor. Ubeda menyemprotkan zat infektan pada kain ini sehingga kain ini tetap bersih.

Kain-kain ini mulai dikumpulkannya sejak 5 tahun belakangan. "Saya selalu menjaga ini. Saya ingin melakukan sesuatu yang besar," ujarnya.

"Banyak orang bertanya mengapa saya ingin menunjukkan sesuatu yang sangat intim. Bagi saya, itu hanya sebuah karya seni yang dibuat oleh saya, saya tidak melihatnya sebagai sesuatu yang terlalu intim," tutur Ubeda bahagia.

Banyak penonton yang merasa kain-kain ini begitu kotor dan menjijikan. Namun, tak sedikit pula yang memuji ide unik ini.

DAILY MAIL | ANINGTIAS JATMIKA

Topik terhangat:
Ridwan Kamil
| Razia Bobotoh Persib | Puncak HUT Jakarta | Penyaluran BLSM

Berita lainnya:
Hitung Cepat, Ridwan Kamil Jadi Wali Kota Bandung
Menang Pilkada Bandung, PKS: Masih Dipercaya Warga
Ini Sikap Persib Soal Penyerangan Bus Mereka
Farhat Abbas Kicau Foto Cium Bastian Coboy Junior


Anda sedang membaca artikel tentang

Wanita Ini Jadikan Darah Haid Sebuah Karya Seni

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/06/wanita-ini-jadikan-darah-haid-sebuah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wanita Ini Jadikan Darah Haid Sebuah Karya Seni

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wanita Ini Jadikan Darah Haid Sebuah Karya Seni

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger