Terapi Bayi, Beda Musik Beda Manfaat

Written By Unknown on Jumat, 21 Juni 2013 | 10.19

TEMPO.CO, Jakarta - Musik tidak hanya lantunan nada dan melodi penghasil karya seni. Musik telah terbukti menjadi terapi yang mujarab. Pada anak bayi yang prematur misalnya. Musik dapat membuat mereka lebih cepat melalui masa kritisnya sehingga lebih cepat meninggalkan rumah sakit. Namun, musik yang diperdengarkan bukan sembarang musik. Jenis musik yang berbeda ternyata memberi manfaat yang berbeda pula.

"Presbyterian Phyllis dan David Komansky, peneliti dari Pusat Kesehatan New York  menemukan bahwa lagu nina bobo yang dinyanyikan oleh orang tua dapat memengaruhi fungsi jantung dan pernafasan bayi. Sementara, lagu melodi memiliki efek positif terhadap proses menyusui bayi prematur," tulis Daily Mail, Kamis, 20 Mei 2013.

Selain itu, menurut laporan ABC News, penelitian sebelumnya dari Israel Medical Centre di New York mengungkapkan, ternyata, lagu nina bobo yang dinyanyikan oleh orang tua akan meningkatkan ikatan batin antara anak dan orang tua. Penelitian juga telah mengungkapkan bahwa ketika musik dimainkan di unit perawatan intensif, tingkat stres ibu yang melahirkan juga akan turun drastis.

Kini, lebih dari 24 rumah sakit di Amerika Serikat menawarkan terapi musik sebagai pengobatan di unit perawatan intensif. Tentu saja, keberhasilan terapi musik ini telah menjadi begitu populer dengan sangat cepat.

Terapi musik telah menjadi terobosan baru di bidang kedokteran. Musik membuktikan, bahwa pengobatan di rumah sakit sekalipun tak hanya datang dari obat-obatan dan tindakan medis lainnya. Sebuah lantunan lembut sebuah lagu telah menjelma menjadi sumber kenyamanan dan pengobatan klasik bagi bayi dan ibunya.

DAILY MAIL | ABC NEWS | ANINGTIAS JATMIKA

Terhangat:
Evaluasi Jokowi
| Kenaikan Harga BBM | Rusuh KJRI Jeddah

Baca Juga:
Hanura: Harga BBM Boleh Naik, Asalkan...
Spanduk Tolak Kenaikan BBM PKS Dicopot 
Muhaimin: Yang Tolak BBM Naik, Tak Mengerti Masalah
Demokrat: Menteri PKS Lebih Baik Mundur
Istana: Ini Bukan Saat Tepat Provokasi Politik


Anda sedang membaca artikel tentang

Terapi Bayi, Beda Musik Beda Manfaat

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/06/terapi-bayi-beda-musik-beda-manfaat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Terapi Bayi, Beda Musik Beda Manfaat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Terapi Bayi, Beda Musik Beda Manfaat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger