Wanita Perokok Lebih Berisiko Kena Kanker

Written By Unknown on Minggu, 05 Mei 2013 | 10.19

TEMPO.CO, Tromso-- Merokok dapat menimbulkan ancaman kesehatan yang lebih besar bagi wanita dibandingkan pria. Peneliti Norwegia menemukan bahwa wanita yang merokok ternyata memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker dibandingkan pria.

Para peneliti ini melihat catatan medis dari 600 ribu pasien dan menemukan risiko dua kali lebih besar terkena kanker usus pada wanita perokok dibandingkan pria. Menurut laporan Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menunjukkan bahwa wanita perokok memiliki 19 % peningkatan risiko penyakit. Sedangkan pria hanya memiliki 9 % risiko saja.

Dalam studi tersebut, hampir 4 ribu peserta berpotensi terkena kanker usus. Mereka adalah wanita yang mulai merokok sejak usia 16 tahun atau lebih muda dari itu. Bahkan, wanita yang merokok selama puluhan tahun.

Tim peneliti dari University of Tromso yang melakukan penelitian itu mengatakan bahwa studi pertama ini menunjukkan bahwa wanita perokok juga berisiko terkena kanker usus besar. Sayangnya mereka belum dapat memperhitungkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi risiko kanker sejenis seperti alkohol atau pola makan.

Dalam studi ini, para peneliti mengklaim bahwa secara biologis wanita lebih rentan terhadap efek racun dari asap tembakau. Bahkan para ahli mengerahui bahwa wanita yang mulai merokok berisiko besar terhadap serangan jantung dibandingkan laki-laki, meski tidak jelas mengapa.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism dapat menjelaskan alasannya. Tim dari University of Western Australia menemukan gadis remaja yang terpapar asap rokok pasif memiliki bentuk kolesterol baik yang lebih rendah. Kolesterol baik ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Studi ini melibatkan 1000 remaja yang hidup di Perth, Australia. "Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian pada perempuan di dunia Barat. Maka ini merupakan masalah serius," ujar Chi Le-Ha, pemimpin penelitian.

Data menunjukkan sekitar 1 dari tiap 5 pria maupun wanita di Inggris adalah perokok. Bahkan di Inggris pada tahun 2010, lebih dari seperempat siswa sekolah menengah telah mencoba merokok setidaknya sekali. Lima persen darinya adalah perokok.

Menurut penelitian pada lebih dari satu juta perempuan, mereka yang berhenti merokok pada usia hampir 30 tahun akan benar-benar terhindar dari risiko kematian dini akibat penyakit yang berhubungan dengan tembakau.

BBC | ISMI WAHID

Topik terhangat:
Susno Duadji
| Ustad Jefry | Caleg | Ujian Nasional


Baca juga:
Masih Terlihat Atletis, Ini Rahasia Donny Damara
Anak Alergi Susu Bisa Jadi Alergi Sekolah
Benci Penampilan Sendiri? Ini Penyebabnya
Protein ASI Bisa Memulihkan Antibiotik Resisten


Anda sedang membaca artikel tentang

Wanita Perokok Lebih Berisiko Kena Kanker

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/05/wanita-perokok-lebih-berisiko-kena.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wanita Perokok Lebih Berisiko Kena Kanker

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wanita Perokok Lebih Berisiko Kena Kanker

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger