Stress Bisa Diketahui dari Nafas?

Written By Unknown on Selasa, 19 Maret 2013 | 10.19

Selasa, 19 Maret 2013 | 03:03 WIB

TEMPO.CO , London -  Stress akan menimbulkan reaksi yang berbeda pada tubuh kita. Para ilmuwan percaya bahwa senyawa dalam tubuh akan berubah saat stres. Tak terkecuali nafas.

Para ilmuwan percaya bisa mendiagnosa stres dengan menganalisis nafas seseorang. Jika diagnosa ini benar adanya, maka cara sederhana non-invansif (tanpa memasukan alat ke tubuh) bisa untuk mengukur kondisi seseorang saat stres.

Dalam percobaan di Loughborough University dan Imperial College London, 22 orang dewasa muda dengan kondisi stres dan kondisi stabil diambil nafasnya. Peneliti mengidentifikasi enam penanda dalam napas yang dapat diuji untuk tanda-tanda stres. Hasilnya, dua senyawa metil dalam napas pentadecane dan indole, meningkat pada mereka yang sedang stres. Selain itu, empat senyawa nafas lainnya menurun pada mereka yang stres. Penurunan ini bisa disebabkan oleh perubahan pola pernapasan.

Namun, tim yang menulis laporan ini dalam Journal of Breath Research menilai perlu studi lebih lanjut dan lebih besar cakupannya untuk menemukan hasil yang lebih valid. Misalnya dari kalangan manula. Atau memasukkan faktor eksternal lain yang dapat mempengaruhi sampel napas seperti pola makan, lingkungan dan olahraga

Menurut penulis studi ini, Prof Thomas mungkin sesnyawa penanda stres dalam napas bisa terkait dengan penyakit lain. "Ini sangat penting untuk diwaspadai," ujarnya. Dia menambahkan bahwa situasi stres dalam studi ini dirancang untuk mensimulasikan kondisi sejauh mungkin, tetapi masih dalam batasan etika.

Thomas mengatakan, jika stres bisa diketahui dengan cara non-invasif, maka mungkin bermanfaat bagi pasien yang rentan.

Penggunaan napas menjadi metode diagnostik yang menarik bagi kalangan medis. Baru-baru peneliti telah menemukan penanda nafas yang terkait dengan penyakit TBC, beberapa jenis kanker, penyakit paru dan asma.

TELEGRAPH| NUR ROCHMI


Berita Lainnya:
Ahli Hukum Klaim Indonesia Perlu Pasal Santet
Kericuhan Warnai Kongres Luar Biasa PSSI
La Nyalla Jadi Wakil Ketua Umum PSSI
Polisi Tangkap Dua Perusak Kantor Tempo
Ini Dia Formula Renault Andalan Alexandra


Anda sedang membaca artikel tentang

Stress Bisa Diketahui dari Nafas?

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/03/stress-bisa-diketahui-dari-nafas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Stress Bisa Diketahui dari Nafas?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Stress Bisa Diketahui dari Nafas?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger