Hati-Hati, Lansia Jangan Banyak Minum Air

Written By Unknown on Sabtu, 09 Maret 2013 | 10.19

Sabtu, 09 Maret 2013 | 03:47 WIB

TEMPO.CO, Jakarta--Minum air putih tampaknya adalah aktivitas yang biasa dan menyehatkan. Sedari kecil, guru dan orang tua selalu mengajarkan untuk banyak minum air putih demi kesehatan tubuh. Tapi konsumsi air putih, ternyata bisa membahayakan, khususnya bagi orang tua. "Kalau sehari minum 2-3 liter, bisa jatuh hingga patah kaki," ujar dokter spesialis ginjal dan hipertensi Parlindungan Siregar dalam konferensi pers acara hari ginjal Sedunia, Rabu, 6 Maret 2013.

Patah kaki mungkin tak apa-apa bagi anak muda, tapi untuk para lansia, patah tulang artinya akan cacat di sisa hidupnya. Sebab metabolisme dan pemulihan sakit pada manula terjadi sangat lambat. Parlindungan menjelaskan bahwa, minum air putih yang tampaknya sederhana, bisa juga menjadi penyebab hilangnya kesadaran yang berujung jatuh tiba-tiba ini.

Prosesnya adalah penurunan kadar natrium. Pada orang yang berusia di atas 50-60 tahun biasanya mereka memiliki kadar natrium yang rendah dalam darah atau dikenal hiponatremia. Selain itu fungsi ginjal mereka pun sudah turun. Akibatnya air putih yang masuk ke tubuh semakin menurunkan kadar natrium dalam darah. Secara perlahan, turunnya kadar natrium ini menyebabkan kantuk sehingga manula bisa tiba-tiba terjatuh.

Parlindungan memiliki seorang pasien manula yang selalu diantarkan keluarga karena acap jatuh. Ketika ditelusuri, ternyata sang nenek memiliki penyakit ginjal dan sering diminta untuk minum air putih oleh keluarganya. "Saya minta untuk dikurangi, keluarganya protes, tapi setelah dijelaskan, mereka pun menjalankan perintah," ujar Parlindungan. Tak lama, Ia pun jarang melihat perempuan 70 tahun tersebut di bawa ke rumah sakit karena terjatuh.

Menurut Parlindungan, untuk usia lanjut di atas 50 tahun, konsumsi air putih maksimal hanya 1,5 liter. Angka tersebut diperoleh dari hasil penelitiannya sendiri sekitar 4 tahun silam terhadap para penghuni panti Wredha di Jakarta. Cek info kesehatan lainnya di sini.

DIANING SARI

Baca juga:
Obat Penderita Lupus Sulit Didapat
Satu dari Delapan Orang Amerika Bergigi Sensitif
Sundul Bola Bisa Sebabkan Cedera Otak
Keindahan Diplomasi Batik


Anda sedang membaca artikel tentang

Hati-Hati, Lansia Jangan Banyak Minum Air

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/03/hati-hati-lansia-jangan-banyak-minum-air.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hati-Hati, Lansia Jangan Banyak Minum Air

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hati-Hati, Lansia Jangan Banyak Minum Air

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger