Cara Jitu Ubah Gaya Hidup Lebih Sehat

Written By Unknown on Jumat, 29 Maret 2013 | 10.19

Jum'at, 29 Maret 2013 | 03:53 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Perubahan gaya hidup masyarakat kota besar seperti Jakarta sudah menjadi biang penyakit yang banyak dirasakan para penderita penyakit degeneratif. Dengan pola hidup yang suka mengkonsumsi makanan siapa saji, dan tanpa latihan fisik yang cukup bisa menjadi akar masalah penyakit seperti kanker, diabetes, obesitas, serta gangguan psikis.

Mau tidak mau, mengubah pola hidup lah cara terbaik untuk tetap sehat. Kebanyakan orang tahu pola hidup sehat adalah konsumsi makanan sehat serta berolahraga teratur. Namun banyak saja orang enggan melakukan gaya hidup sehat itu.

"Mengubah mindset adalah cara terbaik membantu orang mengubah pola hidup," kata pakar gaya hidup sehat dr Phaidon L Toruan di Ritz Carlton, Rabu, 27 Maret 2013. Phaidon mengatakan cara paling efektif mengubah pola hidup itu dengan tiga cara, yaitu kata-kata kreatif, neurolinguistik, dan hipnotis.

Phaidon mengaku lebih sering membantu pasien mengubah mindset untuk perubahan gaya hidup. Ketika seorang wanita diminta makan nasi merah untuk kesehatan jantung, pasti wanita itu belum akan cepat sadar. Namun bila memintanya dengan permainana kata-kata kreatif, ia yakin wanita itu langsung mengubah makanannya.

"Kalau ditanya mau enggak wajahnya dibuat muda 5-10 tahun? Selulit hilang, perut rata dan dada kencang? Kalau mau coba ganti nasi putihnya dengan nasi merah. Ganti pula gula putih dengan gula aren," katanya mencontohkan cara mengubah kata-kata kreatif itu.

Pria berkacamata itu yakin degan kata pemicu semanagat, seseorang dapat langsung mengubah pola hidupnya menjadi lebih baik.

Kata kreatif juga bisa digunakan kepada para pria. Seorang pria mungkin susah diminta mengubah makanannya karena dikhawatirkan berisiko kanker, jantung. Namun bila pertanyaan diubah, seperti mau nggak tenaganya lebih kuat, lebih bergairah dan tahan lama dalam berhubungan seksual? Setelah itu, saran-saran seperti mengubah nasi putih menjadi nasi merah, mengurangi rokok, dan rajin berolahraga atau tidak mengkonsumsi junk food diyakin akan nyantol di memori pria itu.

Phaidon mengatakan kata-kata kreatif dapat pula menjadi penyemangat seorang berolahraga secara teratur. Seseorang pasti akan sangat sulit mau berolahraga keluar komplek bila hanya diminta untuk "Ayo olahraga 30 menit saja seminggu tiga kali."

Tapi bila pertanyaan diganti, "Mau enggak hilangin selulit paha hanya dalam 10 menit sehari? Kalo iya, coba berolahraga 10 menit saja selama tiga hari dalam sepekan," Phaidon menyarankan. Dengan mengubah kata-kata menjadi lebih kreatif, ia yakin orang yang diajak senang hati mengubah gaya hidup.

MITRA TARIGAN

Topik Terhangat Tempo.co: Serangan Penjara Sleman || Adi Vs Eyang Subur || Harta Djoko Susilo ||Agus Martowardojo

Baca juga
Muda tapi Botak? Hati-hati Kanker Prostat, Pak! 
Tato Sementara Bahayakan Kulit
Salad Ternyata Lebih Berbahaya daripada Burger 
Hati-hati, Bersihkan Bulu Tubuh Berisiko Infeksi
Stres Melanda, Jauhi Delapan Makanan Ini  


Anda sedang membaca artikel tentang

Cara Jitu Ubah Gaya Hidup Lebih Sehat

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/03/cara-jitu-ubah-gaya-hidup-lebih-sehat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Cara Jitu Ubah Gaya Hidup Lebih Sehat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Cara Jitu Ubah Gaya Hidup Lebih Sehat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger