Begini Sihir Afrika Berpotensi Menyebarkan HIV

Written By Unknown on Senin, 25 Maret 2013 | 10.19

Senin, 25 Maret 2013 | 05:07 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Jajak pendapat pada tahun 2010 di 18 negara di sub Sahara Afrika menunjukkan bahwa lebih dari separuh masyarakatnya percaya dengan sihir. Peran dukun tidak hanya sekedar penyembuh penyakit, tetapi juga berperan menghapus kutukan dan mendatangkan keberuntungan.

Seodi White, salah satu aktivis hak asasi manusia di Malawi telah berjuang selama bertahun-tahun untuk membendung kepercayaan lokal yang justru mempercepat penyebaran HIV khususnya di kalangan perempuan miskin. Menurut cerita yang dirilis oleh CNN, janda di beberapa wilayah Afrika Selatan mempercayai bahwa melakukan hubungan seks tanpa kondom sangat disarankan untuk membersihkan mereka dari kutukan penyakit AIDS. Keyakinan ini jika tidak dilakukan maka keluarganya akan dikutuk.

"Ini adalah masalah pola pikir," kata White. Bahkan para janda itu mengatakan kepadanya bahwa mereka tidak ingin mati. Mereka tak mengharapkan kutukan itu mendatangi suaminya, maka ia harus membersihkan diri.

Pembersihan spiritual melibatkan hubungan seks tanpa kondom, seperti saat mereka melakukan aktivitas ini dengan almarhum suaminya. Dengan cara ini sangat mungkin janda-janda ini berada pada risiko tinggi tertular HIV yang memang endemik di benua itu. Bahkan dukun yang telah dianggap profesional melakukan pembersihan atas kutukan itu menetapkan harga tinggi untuk layanan ini.

Banyak orang Afrika menganggap bahwa AIDS disebabkan oleh HIV yang bisa diperoleh melalui kontak sosial. Pengetahuan mereka menyisakan kemungkinan bahwa sihir hitamlah yang menyebabkan infeksi HIV kian menyebar. Bahkan mitos yang hingga saat ini masih diyakini di Afrika menyatakan bahwa berhubungan seks dengan wanita perawan akan dapat menyembuhkan seseorang dari AIDS.

Mengubah keyakinan budaya yang membikin potensi penyebaran penyakit hampir sama sulitnya dengan menemukan obat untuk AIDS. Seodi White berusaha memerangi keyakinan tersebut. Ia merekrut mantan dukun profesional untuk mengunjungi desa-desa di seluruh negeri yang akan menjelaskan bahwa praktek pembersihan itu sangat berbahaya dan tidak bertanggung jawab.
LIVE SCIENCE | CNN | ISMI WAHID
Berita terpopuler

3 Cara Mudah Memilih Madu 
Membuat Hobi Jadi Bisnis 
Hati-hati, Bersihkan Bulu Tubuh Berisiko Infeksi
Tarot Pun Dipakai untuk Sembuhkan Diri
Bersihkan Vagina dengan Sabun Timbulkan Infeksi


Anda sedang membaca artikel tentang

Begini Sihir Afrika Berpotensi Menyebarkan HIV

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2013/03/begini-sihir-afrika-berpotensi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Begini Sihir Afrika Berpotensi Menyebarkan HIV

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Begini Sihir Afrika Berpotensi Menyebarkan HIV

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger