Olahraga Bikin Sperma Lincah

Written By Unknown on Selasa, 06 November 2012 | 10.19

Selasa, 06 November 2012 | 05:04 WIB

TEMPO.CO , Cordoba - Penelitian berikut ini benar-benar patut diperhatikan buat pria yang ingin jadi ayah. Studi yang dilakukan peneliti dari University of Cordoba, Spanyol, membuktikan bahwa kebiasaan olahraga yang dilakukan pria bisa membuat sel sperma mereka berenang lebih lincah.

Peneliti menemukan bahwa olahraga meningkatkan kadar hormon yang menciptakan lingkungan yang lebih baik di testis untuk memproduksi sperma. Temuan ini menjadi penting karena kualitas semen pria turun secara keseluruhan dalam 50 tahun terakhir. Banyak faktor yang diduga menjadi penyebabnya seperti kebiasaan mengkonsumsi minuman keras, merokok, dan meningkatnya tingkat obesitas.

Dalam studi yang melibatkan 31 pria ini, peneliti menilai apakah ada perbedaan kadar hormon dan kualitas semen pria antara mereka yang aktif secara fisik dan dan mereka yang tidak. Peneliti melihat pada sejumlah faktor misalnya jumlah dan mobilitas sel sperma dan menganalisis hormon testosteron, kortisol, dan hormon perangsang folikel.

Hasilnya menunjukan partisipan yang aktif secara fisik mempunyai nilai semen yang lebih baik. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal European Journal of Applied Physiology edisi terbaru.

"Meskipun fakta bahwa populasi sample tidaklah terlalu besar, dengan kompleksitas analisis, ini adalah penelitian pertama yang menilai perbedaan parameter tersebut pada dua populasi," kata kepala peneliti Diana Vaamonde sebagaimana dilansir laman Daily Mail.

Dia mengatakan, perlu studi lebih lanjut untuk mengkonfirmasi temuan ini. Namun berkaca dari hasil studi ini, peneliti menyarankan pentingnya olahraga untuk meningkatkan kadar hormon dan menstimulasi proses pembentukan sperma. Tentu olahraga yang dilakukan dalam kadar moderat. Sebab pada olahraga dengan kadar yang ekstrem justru bisa kontraprodukstif bagi kesehatan sel sperma pria.

Pada 2010, Vaamonde mempublikasikan penelitian yang menunjukan bahwa parameter sperma dari olahragawan tertentu justru lebih buruk ketimbang mereka yang aktif secara fisik dengan kadar moderat.

DAILYMAIL | AMIRULLAH

Berita terpopuler lainnya:
Deteksi Diabetes dari Tengkuk dan Ruas Jari Anak
Rumus 5210 untuk Mencegah Obesitas
Olahraga pada Lansia Cegah Demensia


Anda sedang membaca artikel tentang

Olahraga Bikin Sperma Lincah

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2012/11/olahraga-bikin-sperma-lincah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Olahraga Bikin Sperma Lincah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Olahraga Bikin Sperma Lincah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger