Bercinta Bantu Manula Atasi Insomnia  

Written By Unknown on Minggu, 04 November 2012 | 10.19

Sabtu, 03 November 2012 | 10:33 WIB

TEMPO.CO, Seoul - Problem sulit tidur kerap menghinggapi banyak orang yang berusia di atas 50 tahun. Menurut lembaga Health Insurance Review and Assessment Service, jumlah orang yang mengalami insomnia meningkat dari 207 ribu pada 2007 menjadi 383 ribu pada tahun lalu, atau dengan rata-rata tahunan sebesar 16,7 persen. Orang-orang yang berusia lebih dari 50 tahun merupakan 65,6 persen dari pasien insomnia.

Gejala utama insomnia, antara lain, adalah butuh waktu lebih dari setengah jam untuk bisa sepenuhnya tertidur, bangun hingga setidaknya lima kali di malam hari, dan mengalami kesulitan untuk kembali tidur.

Jika orang merasa mulai terganggu dalam melakukan kegiatan rutin dalam kehidupan sehari-hari atau menderita stres terlalu banyak karena insomnia, bantuan medis pun diperlukan. Dalam tahap ringan, gejala ini bisa diatasi dengan meditasi, mendengarkan musik yang tenang, atau membaca puisi sebelum tidur.

Namun, harian Korea, Chosun Ilbo, memberi saran lain, yaitu bercinta, terutama bagi pria. Menurut seorang ahli seksologi di Korea, selama bercinta, tubuh pria menghasilkan hormon prolaktin, yang membuat mereka merasa mengantuk. Bagi wanita, seks membantu mengendurkan otot, sehingga mereka bisa tertidur lebih mudah.

Saran lain Chosun Ilbo: berjemurlah. Sinar matahari mengurangi debit melatonin dan memberi tahu otak bahwa itu adalah pagi. Jika orang tinggal di dalam rumah sepanjang hari dan hanya pergi keluar di sore hari, otak keliru menduga bahwa itu adalah pagi hari dan ini mengganggu pola tidurnya. Berjemur di bawah matahari pagi selama 30 sampai 40 menit dalam waktu 10 menit setelah bangun sangat dianjurkan.

CHOSUN ILBO | TRIP B


Anda sedang membaca artikel tentang

Bercinta Bantu Manula Atasi Insomnia  

Dengan url

http://metropolitstyl.blogspot.com/2012/11/bercinta-bantu-manula-atasi-insomnia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bercinta Bantu Manula Atasi Insomnia  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bercinta Bantu Manula Atasi Insomnia  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger